Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’

1788 views

Orang tua yang sudah sepuh sudah sepatutnya diperlakukan dengan baik dan juga lemah lembut

sebagaimana yang dipesankan allah subhanahu wa ta’ala dalam firman – nya:

“dan tuhanmu telah memerintahkan biar kalian jangan menyembah tidak hanya ia dan juga hendaklah kalian berbuat baik pada bunda bapakmu dengan sebaik – baiknya. bila salah seseorang di antara

keduanya ataupun kedua – duanya hingga berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, hingga sekali – kali janganlah kalian berkata kepada keduanya perkataan “ah” dan juga janganlah kalian membentak mereka dan juga ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia. ” (qs. AL israa’: 23)

ayat ini menegaskan kalau orang tua yang sudah berumur lanjut membutuhkan perlakuan spesial, berkata – kata juga wajib berwaspada supaya tidak melukai perasaan mereka.

rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menaiki tunggangannya itu berbarengan kedua cucunya hasan dan juga husain. satu duduk di depan dan juga satunya lagi duduk di balik dia.

terlebih lagi senangnya hati rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berbarengan cucunya pula dapat dilihat dari kebersamaannya berbarengan cucu angkatnya usamah bin zaid yang menggambarkan putra dari anak angkatnya zaid bin haritsah.

dan juga dia shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ya allah, cintailah keduanya. sebetulnya saya menyayangi mereka berdua. ”

dalam riwayat lain, imam bukhari mencatat cucu angkatnya yang bernama usamah bin zaid sempat dipangku di salah satu paha rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam setelah itu hasan yang tiba baru – baru dipangku di paha dia yang lain.

sambil memeluk keduanya, rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“ya allah, sayangilah keduanya. sebetulnya saya mencintai mereka berdua. ”

Leave a reply "Islam Pun Melarangnya, Menitipkan Anak Kepada Orangtua Itu ‘Dosa’"

Author: 
author