Kisah Perjuangan Nafisah, Ibu Yang Berhasil Didik 10 Anaknya Jadi Dokter

1287 views

Seorang ibu memiliki tanggung jawab untuk merawat dan mendidik anak-anaknya. Oleh sebab itu, sudah menjadi kewajiban anak untuk patuh dan sayang kepada ibu.

Melalui unggahan channel Youtube TRANS7 OFFICIAL, terdapat kisah inspiratif dari seorang ibu bernama Nafisah. Nafisah memiliki 12 orang anak, dan 10 anaknya menjadi seorang dokter.

Berikut ulasan lengkapnya.

Dilansir dari channel Youtube TRANS7 OFFICIAL, terdapat kisah inspiratif dari seorang ibu bernama Nafisah. Nafisah diketahui merupakan single parent atau janda.

Ia membesarkan 12 orang anaknya seorang diri sejak sang suami meninggal di tahun 1996.

Deddy Corbuzier pun menanyakan siapa saja anak-anak Nafisah yang menjadi dokter. Nafisah pun menjawab pertanyaan tersebut.

Nafisah Ahmad : Sang Supermom, Ibu 10 Dokter
Tak mudah menjadi single parent. Apalagi membesarkan dua belas anak. Namun bagi Nafisah Ahmad Zen Shahab, tantangan tersebut sudah lunas dipenuhinya. Kedua belas anak-anaknya sukses. Sepuluh orang di antaranya menjadi dokter.

“Saya tidak mengarahkan anak untuk nantinya harus menjadi sesuatu, karena masa depan adalah mereka yang menjalaninya. Mereka lah yang memilih sendiri. Kalau kita paksakan, malah tidak bagus,” kata Nafisah Ahmad saat ditanya bagaimana cara ia mendidik anak-anaknya hingga banyak yang menjadi dokter.

Dalam hal membesarkan anak, Nafisah adalah sosok panutan yang luar biasa. Betapa tidak, Di antara kedua belas anaknya, sepuluh di antaranya menjadi dokter. Mereka antara lain Dr. dr. Idrus Alwi, Sp.PD., KKV, FECS, FACC. spesialisasi di bidang kardiovaskular,

drg. Farida Alwi menekuni bidang spesialisasi gigi, dr. Shahabiyah MMR menjadi Direktur RSU Islam Harapan Anda di Tegal, dr Muhammad Syafiq SpPD spesialisasi penyakit dalam, dr Suraiyah SpA membidangi spesialisasi anak, dr Nouval Shahab SpU spesialisasi Urologi, dan dr Isa An Nagib SpOT membidangi Ortopedi sekaligus Direktur Utama RS Siaga, Jakarta.

Sedangkan dr. Fatinah adalah dokter umum yang menjabat wakil direktur RS Ibu Anak Permata Hati Balikpapan, dr. Zen Firhan adalah dokter umum di Balai Pengobatan Depok Medical Service dan Sawangan Medical Center, dan dr. Nur Dalilah dokter umum di RS Permata Cibubur.

Sementara dua anak lainnya, Durah Kamila (anak keempat) menjadi fashion desainer, dan Zainab (anak kedelapan) bekerja di Pemerintah Daerah Kodya Depok. Dulunya, Zainab sempat juga ingin masuk kedokteran, namun karena ia sempat sakit, maka ia pun gagal masuk kedokteran dan beralih ke teknik kimia.

Yang menjadi unik dan luar biasa, Nafisah dan suaminya sama sekali tak berasal dari kalangan keluarga dokter. Nafisah hanya lulusan SMA, dan suaminya seorang sarjana ekonomi. Mereka menggantungkan nafkahnya dengan berdagang batik yang juga membuka toko di Kota Palembang. Oleh karena itu, benar-benar sebuah perjuangan yang luar biasa dalam mengantarkan anak-anaknya hingga meraih cita-cita menjadi dokter. Berbagai tempaan hidup menghampiri, namun justru membuat Nafisah menjadi sosok yang kuat.

Cobaan yang dirasakan paling berat adalah ketika sang suami, Alwi Idrus Shahab, meninggal pada tahun 1996 silam. Saat itu, sudah ada empat anaknya yang ada di Jakarta dan sudah menikah. Sisanya masih sekolah.

Kendati demikian, Nafisah berusaha bertahan dengan meneruskan usaha suaminya. Ia tak gentar, meski sebelumnya ia hanyalah ibu rumah tangga yang tinggal di rumah. “Sewaktu masih ada Bapak, Beliau sering cerita tentang pekerjaannya, dan saya pun sering ikut ke tanah abang untuk membeli barang. Jadi

Alhamdulillah saya sudah memiliki bekal dan pengetahuan bisnis dari beliau,” katanya. Ia pun tak gentar meski pada saat itu, di sekitar lingkungannya masih belum mahfum jika perempuan harus bekerja. “Tapi saya tidak peduli, tidak menggubris omongan orang. Yang saya pikirkan dan usahakan adalah bagaimana meneruskan bisnis suami dan membesarkan anak-anak saya,” kisahnya.

Leave a reply "Kisah Perjuangan Nafisah, Ibu Yang Berhasil Didik 10 Anaknya Jadi Dokter"

Author: 
author