AWAS! 2 Dosa Ini Bisa Buat Siksa Kubur Kamu Semakin Bertambah PEDIH

196 views

Zaman sekarang ini banyak perkara yang sebenarnya besar tapi dianggap remeh. Padahal, perkara yang nampak kecil itu bisa memberi dampak negatif terhadap kehidupan kita baik itu di dunia atau di akhirat. Nah, di antara banyaknya perkara besar yang sering diremehkan adalah perkara cipratan air kencing dan naminah.

Dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata bahwa Nabi ketika melewati kota Madinah atau Mekkah pernah Beliau mendengar suara orang yang sedang diazab kubur. Lantas, kemudian Beliau pun bersabda, “Mereka berdua disiksa. Mereka menganggap bahwa itu bukan perkara besar, namun sesungguhnya itu perkara besar. Orang yang pertama disiksa karena tidak menutupi diri ketika kencing. Adapun orang yang kedua disiksa karena suka mengadu domba (namimah).” (HR. Bukhari no. 216 dan Muslim no. 292)

Mungkin aneh didengar. Namun faktanya, kedua hal tersebut jika diabaikan bisa membuat kita terkena azab kubur. Tentulah kita tidak ingin hal itu terjadi bukan? Lantas, bagaimana bisa kedua hal tersebut mengakibatkan azab kubur? Berikut ini penjelasan detailnya.

Cipratan air kencing

Perkara cipratan air kencing ini telah disampaikan oleh Rasulullah. Beliau pun mewanti-wanti kita agar berhati-hati karena kebanyakan yang mendapat azab atau siksa kubur adalah mereka yang remeh terhadap perkara bekas kencing. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu, beliau berkata, Rasulullah bersabda, “Bersihkanlah diri dari kencing. Karena kebanyakan siksa kubur berasal dari bekas kencing tersebut.” (Diriwayatkan oleh Ad Daruquthni dan Al Hakim)

Nah, terkait dengan bekas kencing, dilansir dari akun Khalid Basalamah dalam ceramah beliau yang berjudul ”Dosa besar ke 31 – Tidak bersuci dari buang air kecil”, Ustaz Khalid Basalamah menyampaikan meskipun hanya setetes cipratan air kencing haruslah dibersihkan karena bisa mengakibatkan kena azab kubur. Tak cukup dengan hilang tetesannya, bahkan bekasnya pun harus hilang, dan salah satu caranya yakni dengan membasuhnya menggunakan air.

Dilansir dari Rumaysho, disebutkan beberapa faedah dari adanya hadis tersebut, antara lain:

1. Kewajiban untuk Mengetahui Cara-cara Membersihkan Bekas Kencing

Kita harus waspada dan memastikan bahwa kencing harus benar-benar hilang dan bersih dari pakaian, tempat salat, dan pastinya badan. Jangan bergampang-gampangan karena ancamannya adalah siksa kubur. Selain itu, ketika mencari tempat kencing, hindarilah tempat yang sekiranya terkena cipratan.

2. Tahu jika Tidak Membersihkan Diri dari Kencing Tergolong Dosa Besar

Orang yang tidak menutupi dirinya ketika buang hajat adalah dosa besar, begitupula dengan yang tidak membersihkan diri dari kencing. Kehati-hatian akan perkara ini tentulah hal yang wajar mengingat perkara ini sering kali diremehkan. Bahkan mungkin, sudah sering kita temui banyak MCK yang tidak menyediakan air, hanya tisu. Nah, sekarang masihkah Anda menganggap perkara ini hal yang remeh? Ingat, ancamannya azab kubur.

Perkara Namimah

Perkara kedua yang menyebabkan pelakunya mendapat azab yang pedih berlipat adalah _ namimah _. Dosa besar ini jika diteruskan akibatnya bisa menimbulkan cekcok dan kerusuhan. Salah satu yang sering kita jumpai, yakni pemberitaan di media. Saat ini demi melariskan berita, tak jarang yang melakukan namimah.

Istri Abu Lahab, Ummu Jamil juga ditengarai sebagai salah satu penyebar namimah. Dalam tafsir Al-Lahab, beberapa ulama memaknai kalimat “pembawa kayu bakar” sebagai penyebar namimah atau wanita pengadu domba.

Namun pengertian namimah tak hanya itu. Dalam hadis lain diketahui makna namimah secara luas sesuai dengan penjelasan Nabi Muhammad ﷺ. Dari Abdullah bin Mas’ud, Beliau ﷺ bersabda, ”Maukah kuberitahukan kepada kalian apa itu al’adhhu? Itulah namimah, perbuatan menyebarkan berita untuk merusak hubungan di antara sesama manusia.” (HR. Muslim 6802)

Nabi Muhammad ﷺ, pun mengancam pelaku namimah dengan sangat keras. Beliau bersabda, “Tidak masuk surga pelaku namimah.” (HR. Muslim 105)

Nah, bagaimana? Di atas adalah 2 dosa besar yang sering kali dianggap remeh namun mengakibatkan siksa kubur kian pedih, bahkan mungkin bisa juga tidak masuk surga. Jadi, mulai sekarang segera berhati-hati dalam segala hal, khususnya perkara remeh.

Leave a reply "AWAS! 2 Dosa Ini Bisa Buat Siksa Kubur Kamu Semakin Bertambah PEDIH"

Author: 
author