Punya 4 Sifat Ini Maka Haram Disentuh Oleh Api Neraka, Beruntung Jika Kamu Memilikinya! Simak Apa Saja

Neraka diciptakan bagi mereka yang tidak patuh terhadap perintah Allah SWT dan selalu melakukan perbuatan maksiat.

Di dalam neraka, para pendosa akan disiksa dengan api neraka yang sangat panas, semua perbuatan buruk mereka selama di dunia akan mendapatkan balasannya di neraka.

Setiap orang yang beriman pasti mendambakan untuk bisa masuk surga, namun celaka atau tidaknya kita di akhirat kelak, tergantung dari amal perbuatan kita selama hidup di dunia ini.

Nabi Muhammad SAW pernah bersabda bahwa:

“Ada beberapa golongan manusia yang haram disentuh oleh api neraka, sebagaimana hadist dari Abdullah bin Mas’ud RA, Rasulullah SAW bersabda: “Maukah kalian aku tunjukkan orang yang haram baginya tersentuh api neraka?” Para sahabat bertanya, “Mau, wahai Rasulullah!” Beliau menjawab: “Orang yang Hayyin, Layyin. Qarib, Sahl.” (HR. At-Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

Berikut ini pin-poin penjelasan dari hadist berikut:

1. Hayyin

Halaman:

Sumber: YouTube Islam Populer

Hayyin adalah orang yang tidak mudah memaki, tidak mudah melaknat, tidak mudah marah, dan jiwanya selalu teduh. Orang Hayyin selalu memiliki ketenangan dan keteduhan baik secara lahir maupun batin, orang ini juga tidak mudah marah dan penuh pertimbangan.

Golongan manusia yang Hayyin punya sifat tenang dan berwibawa. Mereka tidak labil atau tidak mudah tersulut emosinya disebabkan oleh kedalaman ilmu agamanya.

Selain itu, sifat lain dari Hayyin adalah tidak grasa-grusu, tidak mudah menyimpulkan berita yang sampai kepada dirnya, dan sulit untuk menerima berita buruk atau tidak mudah percaya fitnah. Manusia yang memiliki sifat seperti ini kelak jasanya tidak akan sanggup disentuh oleh api neraka.

2. Layyin

Layyin adalah orang yang selalu menginginkan kebaikan antar sesama umat manusia. Golongan Layyin punya sifat lembut dan santun baik dalam berbuat maupun dalam bertutur kata.

Secara otomatis, manusia yang termasuk Layyin ini tidak kasar, tidak semaunya sendiri dan segalanya tertata dengan baik. Ciri khas dari Layyin adalah tidak suka memaksakan pendapatnya ke orang lain.

Selain itu, golongan Layyin adalah orang yang lembut dan penuh kasih sayang. Layyin itu tidak pernah berbuat kasar atau marah-marah pada saudaranya sesama muslim tanpa alasan yang syar’i.

Layyin juga adalah orang yang lemah lembut dan selalu menginginkan kebaikan untuk sesama manusia.

3. Qarib

Qarib adalah orang yang akrab, ramah diajak bicara dan memiliki pribadi yang menyenangkan bagi semua orang. Golongan manusia Qarib juga senantiasa menebar senyum jika bertemu dengan orang lain dan tidak lupa selalu memberi salam.

Golongan manusia Qarib sangat mudah diajak berteman. Ia juga menyambung tali silaturahmi dan ukhuwah sesama umat muslim. Orang yang senantiasa ramah dan menebar senyum hangat inilah yang menghalangi api neraka untuk menyentuh jasadnya.

4. Sahl

Sahl adalah orang yang tidak suka mempersulit sesuatu, suka menolong, dan selalu memiliki solusi di setiap permasalahan. Tipe orang seperti ini sangat cocok untuk dijadikan teladan abdi negara yang bekerja untuk melayani masyarakat.

Orang Sahl juga termasuk orang yang baik hati karena selalu memudahkan urusan setiap muslim dengan cara yang benar dan tidak pernah mempersulit urusan orang lain. Golongan ini juga tidak suka berbelit-belit sehingga tidak membuat orang lain menghindar ketika bertemu dengannya.

Perilaku Sahl yang selalu penuh pengabdian bisa dijadikan contoh bahwa tidak semestinya kita cuh dengan urusan orang lain. Tidak ada salahnya untuk selalu membantu orang lain selama yang urusan yang ditangani tidak merugikan orang lain dan melanggar syar’i.

Keempat golongan manusia yang haram disentuh api neraka itu bisa dijadikan contoh, bahwa rahmat Allah sangat besar, sehingga memungkinkan orang-orang dengan sifat tersebut bisa terhindar dari api neraka yang panas.

Jika kita merasa kesulitan untuk mencontoh keempatnya, setidaknya contohlah salah satu dari empat golongan manusia ini dan tetap istiqomah di jalan Allah SWT.

Namun pada dasarnya, orang yang haram tersentuh api neraka adalah mereka yang selalu menjaga hubungan baik dengan Allah dan hubungan baik dengan manusia. Semoga kita semua termasuk orang yang haram tersentuh oleh api neraka. Aamiin ya rabbal alamin.

Leave a reply "Punya 4 Sifat Ini Maka Haram Disentuh Oleh Api Neraka, Beruntung Jika Kamu Memilikinya! Simak Apa Saja"

Author: 
author