Agar Melaksanakan Puasa Ramadhan Terasa Ringan, Amalkan 6 Hal Ini!

110 views

Muslimah, insyaAllah mulai besok kita akan melaksanakan ibadah puasa Ramadhan . Biasanya di hari pertama melaksanakan puasa wajib ini, terlihat sangat berat. Apalagi bila cuaca terasa menyengat . Dikutip dari about Islam, berikut beberapa tips agar pelaksanaan puasa Ramadhan ini terasa ringan.

1. Menjaga niat

Menjaga niat untuk menyenangkan Allah Azza wa Jalla sangat penting untuk kesuksesan puasa bulan Ramadhan. Tanamkan niat, hanya berpuasa untuk Allah Ta’ala semara, doakan agar Allah mempermudah dan menerima ibadah kita.

Tanamkan niat ini dengan baik, bayangkan pahala surga menanti kita sehingga menambah semangat untuk menjalankan ibadah puasa ini. Bila perlu, baca kembali tentang keutamaan puasa terutama dari hadis qudsi yang akan menyegarkan keimanan Anda dan memberi dorongan untuk mengatasi rasa lapar, haus, nafsu dan keinginan buruk lainnya.

2. Agar dapat mengatasi rasa haus

Di hari pertama puasa Ramadhan, biasanya yang menjadi beban terberat adalah mengatasi rasa haus. Apalagi bila cuaca di luar cukup terik, sehingga melewati waktu rasanya sangat tersiksas. Namun, rasa haus yang Anda rasakan sebenarnya baik bagi tubuh untuk mengeluarkan racun hingga membakar kalori dari cadangan lemak. Kecuali jika memiliki masalah kesehatan, yang mungkin menghalangi Anda untuk berpuasa. Selebihnya, puasa kering (tanpa air) di bulan Ramadhan sangatlah aman dan baik untuk tubuh.

3. Atur pola makan yang sehat

Ramadhan adalah tentang detoksifikasi pikiran, jiwa dan tubuh. Jadi, inilah saat yang tepat untuk menjauhi makanan tidak sehat sambil mencoba makan terbaik dan halal.

Hari dan minggu pertama Ramadhan biasanya paling sulit, karena tubuh Anda menyesuaikan diri dengan perubahan drastis. Pada minggu kedua Anda biasanya akan merasa lebih baik. Pada minggu ketiga dan keempat, masalah paling utama adalah mengatasi rasa haus, bukan lapar pada siang hari.

4. Fokus pada hidrasi

Menjadi terhidrasi adalah yang paling penting. Tetapi akan sulit dan tidak nyaman untuk minum banyak air, terutama jika di negara-negara yang malamnya sangat pendek. Cara terbaik mendapatkan asupan air selain dari minum adalah dari sayuran segar dan buah-buahan.

Usahakan perbanyak makan buah dan sayuran tersebut. Buah membantu mendapatkan asupan air ekstra itu. Buah-buahan yang encer, ditambah banyak air biasa, akan menyegarkan Anda. Air kelapa juga sangat cocok untuk sahur.

5 Tidur yang cukup

Banyak orang berpikir jika tidurnya orang berpuasa adalah ibadah, namun tentu tidak sepenuhnya benar. Tetapi dengan tidur di siang hari bisa mengurangi atau menghentikan kebiasaan buruk yang mungkin kita biasa lakukan. Atau bahkan mengatasi dan menghindari rasa haus dan lapar.

Lakukan tidur siang yang cukup, agar Anda bisa merasa lebih segar saat sholat Tarawih di malam hari. Dan perbanyak beribadah, khususnya berdzikir jika Anda memang sibuk bekerja.

6. Ketahui kondisi tubuh sendiri

Puasa Ramadhan adalah bagian dari ujian, dan mungkin beberapa orang akan merasa terasa sulit untuk melakukannya. Tidak ada yang salah dengan iman Anda jika merasa puasa itu sulit. Tapi, ingatlah untuk meminta kepada Allah agar memudahkan puasa yang kita lakukan.

Jika Anda perlu berbuka puasa karena alasan yang sah – seperti sakit, bepergian, hamil atau menyusui – maka lakukanlah. Jangan merasa bersalah telah berbuka puasa. Berfokuslah untuk mencoba yang terbaik dan ketahui batasan tubuh Anda.

Nah, muslimah perlu kita ingat setiap orang merasa puasa pertama di bulan Ramadhan itu sulit. Butuh waktu bagi tubuh kita untuk menyesuaikan diri dan bagi kita secara umum untuk melakukan rutinitas baru. Namun tetap kita berdoa, agar Allah melancarkan ibadah kita selama sebulan penuh ini.

Wallahu A’lam

Leave a reply "Agar Melaksanakan Puasa Ramadhan Terasa Ringan, Amalkan 6 Hal Ini!"

Author: 
author