Bacaan Doa Qunut Witir Lengkap Bacaan Latin dan Artinya

259 views

Membaca Doa Qunut dalam sholat Witir dianjurkan pada pertengahan kedua bulan Ramadhan. Semua ulama sepakat hukum membaca Qunut di separuh terakhir Ramadhan (dimulai malam tanggal 15 Ramadhan).

Berikut doa Qunut yang diajarkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada cucunya Hasan bin Ali radhiallahu’anhuma, yaitu:

اَللّٰهُمَّ اهْدِنِىْ فِيْمَنْ هَدَيْتَ, وَعَافِنِى فِيْمَنْ عَافَيْتَ, وَتَوَلَّنِىْ فِيْمَنْ تَوَلَّيْتَ, وَبَارِكْ لِىْ فِيْمَا اَعْطَيْتَ, وَقِنِيْ شَرَّمَا قَضَيْتَ, فَاِنَّكَ تَقْضِىْ وَلاَ يُقْضٰى عَلَيْكَ , وَاِ نَّهُ لاَ يَذِلُّ مَنْ وَالَيْتَ ,وَلاَ يَعِزُّمَنْ عَادَيْتَ, تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ, فَلَكَ الْحَمْدُ عَلَى مَا قَضَيْتَ ,اَسْتَغْفِرُكَ وَاَتُوْبُ اِلَيْكَ ,وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدَنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ اْلاُمِّيِّ, وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

Allaahumahdinii fiiman hadait, wa ‘aafinii fiiman aafait, wa tawallani fiimantawallait, wa baariklii fiimaaan aktoit, wa qini syaramaa qadhait, Fainnakataqdhi walayuqdha ‘alaik, wa innahu layadzillu mawwalait, wa la ya idzuman ‘aadait, Tabarak tarabannaa wata ‘aalait, Falakal hamdu ‘alamaa qadhait, Astagfiruka wa atuubu ilaik, Wa shallalloohu ‘ala Sayyidinaa Muhammadin Nabiyyil Ummiyyi wa ‘ala Aalihi wa shahbihi wa sallam.

Artinya:

Ya Allah, berilah aku petunjuk sebagaimana orang-orang yang Engkau beri petunjuk, berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang telah Engkau lindungi, uruslah aku sebagaimana orang yang telah Engkau urus. Berilah berkah apa yang Engkau berikan kepadaku, jauhkan aku dari kejelekan apa yang Engkau tetapkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan qada’ (ketetapan), dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau cintai tidak akan hina dan orang yang Engkau musuhi tidak akan mulia. Maha Suci Engkau, wahai Rabb kami dan Maha Tinggi Engkau. Oleh hal yang sudah Engkau hukum, aku memohon pengampunan dan taubat kepada-Mu. Dan semoga Engkau melimpahkan rahmat kepada Nabi Muhammad yang ummi, dan semua umat beliau dan para sahabatnya, Semoga Allah menambahkan keberkahan dan keselamatan.

Jika dalam sholat berjamaah, imam dianjurkan mengeraskan suara, sedangkan makmum mengamini doa yang dibaca imam. Imam dianjurkan mengubah lafal “ihdinii” (berilah aku petunjuk) menjadi “ihdina” (berilah kami petunjuk).

Leave a reply "Bacaan Doa Qunut Witir Lengkap Bacaan Latin dan Artinya"

Author: 
author