Doa Penenang Hati dan Zikir Lengkap Bacaan Latin dan Artinya

179 views

Manusia pasti tidak tidak lepas dari perasaan gundah, gelisah, sedih dan keadaan yang tidak menyenangkan. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memberi tips agar hati selalu tenang. Salah satunya membaca doa penenang hati dan melazimkan zikir.

Dari Abdullah bin Busr radhiyallahu ‘anhu bahwa, ada seorang laki-laki berkata: ‘wahai Rasulullah, sesungguhnya syariat-syariat Islam (terasa) telah begitu banyak bagiku (sehingga aku takut tidak mampu memenuhinya). Maka mohon beritahukan kepadaku sesuatu (amalan) yang dapat aku jadikan sebagai pegangan (dan yang bisa menutup kekurangan-kekuranganku dalam amal ibadah lain)! Beliaupun bersabda: “Hendaknya lidahmu senantiasa basah karena berzikir kepada Allah.” (HR At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Ahmad).

Berikut Doa penenang hati dan zikirnya:

1. Membaca Zikir Berikut:

سُبْحَانَ الله
Subhanallah (Maha Suci Allah)

الحَمْدُ لِله
Alhamdulillah (Segala puji bagi Allah)

لاَ إلهَ إلأَّ الله
Laa ilaaha illallah (Tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah)

الله أَكْبَرُ
Allahu Akbar (Allah Maha Besar)

2. Doa Nabi Yunus

لّا إِلَهَ إِلاَّ أَنتَ، سُبْحَانَكَ، إِنِّي كُنتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

Laa ilaaha illaa Anta, Subhaanaka, innii kuntu minadz-dzaalimiin

Artinya:
Tiada Tuhan yang berhak disemabah kecuali Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk golongan orang-orang berlaku zalim.

3. Baca Zikir Berikut 3 Kali Setiap Pagi dan Petang

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِي لَا يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِي الْأَرْضِ وَلَا فِي السَّمَاءِ، وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيم

Bismillahil-ladzi laa yadhurru ma’asmihi syai-un fil-ardhi walaa fis-samaa-i, wa Huwas-Samii’ul ‘Aliim

Artinya:
Dengan Nama Allah, yang dengan nama-Nya tidak akan ada sesuatupun di bumi dan di langit, yang bisa memberi madharat. Dan Dia-lah Dzat Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

“Barangsiapa membaca lafaz zikir ini 3 kali setiap pagi dan petang hari, maka tidak akan ada sesuatupun yang memudharatkannya (membahayakannya) (HR At-Tirmidzi, Abu Dawud, Ibnu Majah, An-Nasaa-i)

4. Doa Rasulullah

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَالْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْبُخْلِ وَالْجُبْنِ وَغَلَبَةِ الرِّجَالِ

ALLAHUMMA INNI A’UUDZU BIKA MINAL HAMMI WAL HAZNI WAL ‘AJZI WAL KASALI WA BUKHLI, WAL JUBNI WA GHALABATIR RIJAL

Artinya:
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kegelisahan, kesedihan, kelemahan, kemalasan, kebakhilan, sifat pengecut dan penindasan para penguasa. (Hadis Sunan An-Nasa’i No. 5354)

5. Doa Rasulullah Ketika Ditimpa Kesusahan Berat

لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ العَظِيمُ الحَلِيمُ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ العَرْشِ العَظِيمِ، لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ رَبُّ السَّمَوَاتِ وَرَبُّ الأَرْضِ، وَرَبُّ العَرْشِ الكَرِيمِ

La ilaha Illallahul ‘Azhiimul Haliim, Laa Ilaha Illallahu Robbul ‘Arsyil ‘Azhiim, Laa Ilaha Illallahu Robbus Samawaati wa Robbul-Ardhi wa Robbul ‘Arsyil Kariim

Artinya:
Tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Allah, Yang Maha Agung, Maha Penyantun, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Penguasa ‘Arsy Yang Agung, Tiada Rabb yang berhak disembah selain Allah, Rabb langit dan bumi serta Tuhan ‘Arsy Yang Mulia. (HR Al-Bukhari No 6346)

Leave a reply "Doa Penenang Hati dan Zikir Lengkap Bacaan Latin dan Artinya"

Author: 
author