Tips Agar Semangat di Bulan Ramadhan, Berikut Pesan Syekh Fikri Thoriq

158 views

Tidak lama lagi kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Beruntunglah mereka orang-orang yang tahu akan kemuliaan Ramadhan. Hendaknya umat muslim memperbaiki tobatnya dari sekarang sehingga di Ramadhan nanti kita dirahmati Allah.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS Al-Baqarah: 183)

Sebelum kita bahas keutamaan Ramadhan, ada baiknya kita mengetahui keutamaan bulan Sya’ban. Berikut penjelasan Syekh Fikri Thoriq saat mengisi kajian di Masjid Raya Bintaro Tangerang Selatan, kemarin.

Sya’ban adalah bulan menjelang akan masuknya bulan suci Ramadhan. Sya’ban adalah bulan yang diapit dua bulan mulia yaitu rajab dan Ramadhan. Sya’ban banyak sekali kejadian istimewa yang perlu diketahui umat Islam.

Menurut riwayat, pertama kali diperintahkan untuk berzakat yaitu di bulan sya’ban. Pertama kali perintah menjalankan puasa di bulan suci ramadhan juga turun perintahnya di bulan Sya’ban. Pertama kali diperintahkan bershalawat kepada Rasulullah صلى الله عليه وسلم di bulan Sya’ban. Sehingga ulama menganjurkan amalan yang hendak diperbanyak di bulan Sya’ban adalah bersholawat.

Di bulan Sya’ban juga terjadi mukjizat Nabi membelah bulan dengan izin Allah Ta’ala. Banyak orang melupakan Allah di bulan Sya’ban sehingga Rasulullah mengisi bulan Sya’ban dengan memperbanyak puasa.

Bersemangat di Bulan Ramadhan
Syekh Abdul Qadir Al-Jilani ketika ditanya muridnya tentang semangat beribadah, beliau mengatakan 5 bulan setelah Ramadhan bekasnya masih terasa seolah aku masih berada di bulan Ramadhan. enam bulan setelah Muharram aku jadikan bulan persiapan menuju bulan Ramadhan.

“Kita belum tentu bersiap seperti ini menyambut bulan Ramadhan, tapi setidaknya ada beberapa hari ke depan, maka tidak ada waktu bermain, bersenda gurau. Di Ramadhan, Allah melipatgandakan amal ibadah 70 kali lipat,” kata Syekh Fikri.

Salah satu godaan setan adalah menunda taubat manusia. Biasanya orang-orang yang menunda taubat kalaupun diberi kesempatan memasuki bulan Ramadhan hanya semangat di malam pertama. Di malam berikutnya berkurang semangatnya. Kenapa? Karena orang seperti ini tidak punya persiapan menyambut bulan Ramadhan.

“Kita telah mengetahui riwayat kalau orang beribadah di bulan Ramadhan dilipatgandakan 70 kali lipat. Kalau masih gak semangat masih waras gak? Allah menjanjikan pahala kok kita gak semangat?” terang Dai lulusan Hadhramaut Yaman ini.

Dulu, Rasulullah صلى الله عليه وسلم mengatakan janji Allah tentang pahala berlipat, sahabat semangat mengamalkan, tapi di akhir zaman jutsru mengendur kecuali orang-orang yang memiliki tekad kuat.

“Kenapa tidak semangat dijanjikan pahala? Karena dia tidak tahu nilai pahala,” jelas Syekh Fikri.

IniManfaat Pahala:
1. Mendapatkan ridhanya Allah Ta’ala.
2. Menggugurkan dosa.
3. Menghasilkan keberkahan rezeki.
4. Menjadi penyebab keselamatan.
5. Menjadi penyebab kita masuk surga dengan rahmat Allah.

“Kita kalau tahu manfaat pahala akan semangat. Semoga ini tidak terjadi di Ramadhan kali ini,” kata Syekh Fikri.

Berikut Hal-hal yang perlu kita siapkan dari sekarang:
1. Taubat nasuha.
2. Beresin urusin kita dengan makhluk terutama orang tua kita.
3. Berkomitmen berpuasa di bulan Ramadhan dengan ikhlas. Pelajarif, jaga diri dari segala dosa dan maksiat.
4. Mengatur sosmed agar waktu tidak habis hanya buat sosmed.
5. Bersedekah setiap hari.
6. Menjaga sholat 5 waktu berjamaah dan memperbanyak sholat sunnah.
7. Berkomitmen sholat lebih khusyu’.
8. Memaafkan kesalahan orang dan mendoakannya.
9. Jadikan Ramadhan bisa Khatam Qur’an dengan tadabbur.
10. Jadikan Ramadhan momentum mengenal Allah dengan cara mempelajari Asma’ul husna.
11. Jadikan malam Ramadhan bulan beribadah, bukan bulan untuk makan.
12. Setelah beramal mintalah kepada Allah agar amal kita diterima.

Syarat Taubat Ada 3 yaitu:
1. Tinggalkan maksiat.
2. Menyesalinya.
3. Berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi.

Ketahuilah, setan sudah berjanji kepada Allah untuk terus menggoda manusia. Godaan dari depan dia akan membuat melupakan akhirat. Dari belakang membuat ingat dunia. Dari kiri melakukan kejahatan. Dari kanan bangga dengan kebaikan. Na’udzubillahi min dzalik!

Demikian pesan Syekh Fikri Thoriq, semoga Allah memberi kita taufik-Nya agar bersemangat beribadah di bulan Ramadhan.

Leave a reply "Tips Agar Semangat di Bulan Ramadhan, Berikut Pesan Syekh Fikri Thoriq"

Author: 
author