Kisah Dua Remaja Keliling Kampung Jadi Marbut Dadakan Bersihkan 50 Masjid

207 views

Menjaga masjid agar tetap bersih dan nyaman untuk beribadah tentu bukan pekerjaan mudah. Perlu ketekunan dan keikhlasan layaknya merawat rumah. Tak jarang beberapa masjid memiliki marbut sendiri untuk memastikan masjid terawat dengan baik.

Tetapi tidak semua masjid memiliki keuangan yang cukup untuk merekrut marbut. Apalagi untuk masjid yang ada di perkampungan. Sebagian masjid mengandalkan keikhlasan masyarakat sekitarnya untuk mengurus masjid. Tak jarang masjid di perkampungan cenderung tak terurus.

Berangkat dari kondisi itu, dua remaja asal Lebak, Banten mendedikasikan dirinya menjadi marbut keliling. Keduanya adalah Angrit Irawan (20), dan Ukan (19).

Mereka berkeliling ke sejumlah kampung di wilayah Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, dan kabupaten lainnya di Banten mencari masjid yang perlu mendapat bantuan untuk dibersihkan.

Keduanya melakukannya tanpa pamrih dan tak mengharapkan imbalan. Semua perlengkapan untuk membersihkan masjid juga dari uang sendiri. Misalnya membeli sapu, alat semprot, serta cairan disinfektan.

Tak kurang sudah 50 masjid yang dibantu dibersihkan oleh keduanya. Bahkan, mereka berdua juga turut menggerakkan anak-anak di sekitar masjid membersihkan masjid bersama-sama seperti mengepel, membersihkan debu di tembok, membersihkan kaca, menyemprot disinfektan dan lainnya.

“Terima kasih kepada semua DKM masjid yang telah mengizinkan kami untuk bersedekah tenaga demi kemaslahatan umat, meski dengan hal yang kecil,” katanya.

Dia berharap, apa yang dilakukannya bisa mendapatkan pahala dari Tuhan Yang Maha Esa serta menginspirasi pemuda lainnya untuk mencintai masjid.

Salah satu pengurus DKM Masjid Anwarul Ulum yang dikunjungi kedua pemuda itu mengaku berterima kasih atas keikhlasan keduanya membantu membersihkan masjid. Apalagi hasil membersihkan masjid cukup baik, sehingga masjid menjadi bersih.

“Mereka datang tanpa diundang, membersihkan masjid. Kami sangat berterimakasih kepada Angrit dan Ukan,” katanya.

Leave a reply "Kisah Dua Remaja Keliling Kampung Jadi Marbut Dadakan Bersihkan 50 Masjid"

Author: 
author