Inspiratif, Polisi Ajarkan Tahanan Mengaji hingga Sumbangkan Gaji Bantu Warga

Anggota polisi di Pangkalpinang punya cara humanis agar tahanan di sel menjadi pribadi yang baik, yaitu dengan mengajak tahanan mengaji hingga salat lima waktu.

Tak cuma itu, anggota polisi tersebut secara sukarela menyumbangkan gajinya untuk disedekahkan kepada masyarakat yang membutuhkan. Sosok anggota polisi Polres Pangkalpinang yang dikenal sangat bersahaja itu bernama Iptu Amri.

Menjabat sebagai Kapolsek Gerunggang sejak tujuh bulan lalu, ia membuat suasana polsek berbeda dari biasanya.

Nuansa religius sangat terasa ketika berada di Mapolsek Gerunggang. Sebab, saban hari amri bersama anggotanya secara bergantian mengajarkan tahanan yang Muslim cara mengaji yang benar.

Kapolsek Gerunggang, Iptu Amri mengatakan, program ini olehnya dinamakan tahanan mengaji berbenah hati. Hal ini dilakukan agar para tahanan dapat mengubah diri menjadi pribadi yang baik.

“Dengan harapan keluar dari masa tahanan, mereka dapat diterima masyarakat dan melakukan hal-hal positif yang bermanfaat bagi dirinya dan orang banyak,” katanya, Senin (12/4/2021).

Begitu pun bagi yang nonmuslim. Tak jarang rohaniawan diundang untuk membimbing tahanan, agar lebih religius terhadap ajaran kepercayaannya.

Salah satu tahanan, sepirit menuturkan, mereka diperlakukan sangat baik selama berada di sel tahanan. Bahkan bisa mengaji dengan baik.

“Bukan hanya mengaji, para tahanan juga diajak untuk menunaikan salat lima waktu,” tuturnya.

Tak berhenti sampai di situ, setiap apel pagi di hari Jumat para anggota Polsek Gerunggang secara sukarela menyumbangkan gajinya untuk berbagi antarsesama.

“Sumbangan itu dibelikan sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan di lingkungan Polsek Gerunggang,” kata Kapolsek.

Leave a reply "Inspiratif, Polisi Ajarkan Tahanan Mengaji hingga Sumbangkan Gaji Bantu Warga"

Author: 
author