Makna Henna, Riasan Tangan yang Dipakai Fatimah, Istri Ustad Abdul Somad

309 views

 

Saat ini, banyak pengantin perempuan yang menghias diri dengan henna di hari pernikahan, termasuk Fatimah Azzahra, istri Ustad Abdul Somad yang baru. Lalu apa makna henna yang menjadi riasan tangan pengantin?

Henna adalah seni lukis asal India dan Timur Tengah yang kini sudah lazim digunakan di Indonesia. Di balik motifnya yang indah, henna juga menyimpan makna yang luar biasa, lho!

Inilah makna henna dari tujuh motif berbeda:

Bulan sabit dan bintang untuk kesehatan dan momongan

Motif henna bulan dan bintang melukiskan doa akan perlindungan dan kesehatan bagi pasangan suami istri. Bulan sabit sendiri menggambarkan harapan untuk segera dikaruniai anak.

Air untuk jiwa yang suci

Motif air yang digambar dengan henna biasanya berupa gelombang atau ombak. Air melambangkan kesucian. Bagi pengantin, makna henna dengan desain air adalah harapan agar jiwanya disucikan sebelum mengarungi bahtera rumah tangga.

Matahari untuk cinta abadi

Setiap pasangan menikah pasti ingin saling mencintai sampai maut memisahkan. Desain henna bergambar matahari menggambarkan doa agar cinta kedua pihak terus bersemi dan abadi selamanya.

Kupu-kupu simbol kehidupan baru

Cantiknya desain kupu-kupu dan capung pada henna yang diukir di tangan juga ternyata menyimpan makna tersendiri. Kupu-kupu adalah simbol metamorfosis, di mana seorang perempuan menghadapi kehidupan baru setelah menikah.

Bunga-bunga untuk mekarnya kebahagiaan

Biasanya, ada dua macam gambar henna bunga. Ada yang kuncup, ada yang mekar. Namun, secara umum motif bunga bermakna harapan akan semakin mekarnya kebahagiaan setelah pernikahan.
Sulur atau tanaman merambat, harapan usia panjang perkawinan
Makna henna dengan desain sulur sebenarnya mirip dengan tanaman aslinya, yaitu terus tumbuh memanjang. Diharapkan, usia panjang perkawinan juga diiringi dengan rumah tangga yang aman dan damai.

Burung sebagai pengantar doa

Burung diterjemahkan sebagai hewan yang bisa membawa doa hingga tembus ke alam baka. Karena itulah, henna motif burung menggambarkan doa dan harapan-harapan yang terkabul, khususnya bagi perempuan yang hendak menikah.

Untuk diketahui, henna terlihat menghiasi tangan Fatimah Azzahra Salim Barabud (19 tahun) di hari pernikahannya dengan Ustaz Abdul Somad (UAS). Hal ini tampak dalam foto yang diunggah di akun Instagram milik UAS.

 

Leave a reply "Makna Henna, Riasan Tangan yang Dipakai Fatimah, Istri Ustad Abdul Somad"

Author: 
author