Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan 2021, Dihindarkan Api Neraka dan Dimasukkan ke Syurga

Simak bacaan 10 hari terakhir di Ramadhan 2021 yang juga bisa dibaca di malam-malam ganjil dipercaya turunnya Lailatul Qadar 2021.

Jumat (7/5/2021) adalah hari ke-25 puasa Ramadhan. Nabi Muhammad SAW mengajarkan doa-doa khusus yang bisa diamalkan tiap hari selama bulan puasa Ramadhan 1442 H.

Biasanya, di 10 hari pertama, kedua dan ketiga ada doa-doa khususnya karena di bulan puasa Ramadhan 2021 adalah momen spesial kita memohon apa saja kepada Allah SWT.

Khusus di 10 hari terakhir bulan puasa Ramadhan ini, ada keistimewaan yang ditawarkan Allah untuk hamba-hamba-Nya, yaitu dihindarkan dari api neraka dan dimasukkan ke surga-Nya.

Dikutip dari berbagai sumber, sebagian ulama membagi bulan ini dengan tiga fase, yaitu fase pertama 10 hari awal Ramadhan sebagai fase rahmat, 10 hari kedua sebagai fase maghfirah atau pengampunan dan 10 hari terakhirnya sebagai fase pembebasan dari api neraka.

Hal ini sebagaimana diriwayatkan oleh sahabat Nabi Muhammad, Salman Al Farisi: “Adalah bulan Ramadhan, awalnya rahmat, pertengahannya maghfirah dan akhirnya pembebasan dari api neraka.”

Ummul mukminin, Aisyah menceritakan tentang kondisi Nabi SAW ketika memasuki 10 hari terakhir Ramadhan:

“Beliau jika memasuki 10 hari terakhir Ramadhan, mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya.”

Hal itu dikarenakan di 10 terakhir ini merupakan penutupan bulan Ramadhan, sedangkan amal perbuatan itu tergantung pada penutupannnya atau akhirnya. Rasulullah SAW berdoa:

“اللهم اجعل خير عمري آخره وخير عملي خواتمه وخير أيامي يوم ألقاك”

“Ya Allah, jadikan sebaik-baik umurku adalah penghujungnya dan jadikan sebaik-baik amalku

adalah pamungkasnya. Dan jadikan sebaik-baik hari-hariku adalah hari di mana saya berjumpa dengan-Mu Kelak.”

Oleh sebab itu, 10 hari terakhir Ramadhan merupakan pamungkas bulan ini, sehingga hendaknya tiap manusia mengakhiri bulan puasa Ramadhan dengan kebaikan dengan memperbanyak ibadah.

Selain itu juga dikarenakan dalam 10 hari terakhir Ramadhan diduga turunnya lailatul qadar,

Salah satu malam di bulan Ramadhan yang sangat ditunggu-tunggu oleh umat muslim adalah malam Lailatul Qadar.

Pada malam Lailatul Qadar doa akan dikabulkan dan amal ibadah akan dilipatkan oleh Allah SWT.

Sebagian ulama menyebut bahwa malam Lailatul Qadar biasanya jatuh di malam ganjil pada 10 hari terakhir Ramadhan.

Akan tetapi tidak menutup kemungkinan malam Lailatul Qadar datang pada malam-malam genap.

Allah SWT menunjukkan tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar pada umatnya yang beruntung bisa mendapatkan keistimewaan malam tersebut.

Jika mendapatkan tanda-tanda malam Lailatul Qadar, berikut doa malam Lailatul Qadar yang hendaknya dipanjatkan.

Berikut adalah dua doa yang bisa dipanjatkan pada malam Lailatul Qadar dilansir dari laman Tribun Style, Senin (11/5/2020).

Diriwayatkan dari Sayyidah Aisyah Radhiyallahu ‘anha, Aisyah berkata : “Aku bertanya, “Ya Rasulullah. Apa pendapat engkau jika aku tahu kapan malam Lailatul Qadar (terjadi), apa yang harus aku Dzikir kan/baca?” Nabi Muhammad SAW menjawab, “Ucapkanlah/berdoalah :

اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

Allahumma innaka ‘Afuwwun tuhibul ‘afwa fa’fu ‘anni

Artinya:”Ya Allah sungguhnya Engkau Maha Pengampun. Engkau suka memberi ampunan, maka ampunilah daku.” (HR.Tirmidzi 3760 dan HR.Ibnu Majah 3850)

Dalam riwayat Imam Syafi’i doa yang juga sering dipanjatkan Nabi Muhammad di malam 10 hari terakhir bulan Ramadan adalah:

“Rabbana atina fiddunya hasanah, wa fil akhirati hasanah wa qina ‘adzabannar.’

Artinya: Wahai Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami kebajikan di dunia dan kebajikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa api neraka.

Leave a reply "Doa 10 Hari Terakhir Ramadhan 2021, Dihindarkan Api Neraka dan Dimasukkan ke Syurga"

Author: 
author