Tidak Main-Main, Begini Doa Sesama Umat Muslim yang Sangat Ampuh

166 views

Doa sesama umat islam adalah membangun kohesi internal antar umat Muslim dan hal yang sangat penting. Bahkan lewat doa, sesama kaum Muslimin mendoakan agar terjaga dirahmati, diberikan ampunan, juga kesejahteraan.

Ampuhnya berdoa ini disampaikan Duta Besar LBBPB RI untuk Lebanon Hajriyanto Y. Thohari dalam Pengajian Tabligh PP Muhammadiyah.

Dikutip dari laman Muhammadiyah Hajriyanto Y. Thohari pada Selasa (9/3/2021) menjelaskan, berdoa bagi umat Islam bukan hanya untuk diri dan keluarganya saja.

“Mendoakan kaum muslimin dan muslimat agar dirahmati, agar diberikan ampunan, kesejahteraan, dan pertolongan,” ujarnya.

Hal itu menunjukkan bahwa sesama umat Islam, dalam berdoa pun juga mendoakan sesama Muslim.

Hajri kemudian menjabarkan isi doanya, “Ya Allah ampunilah kami, rahmatillah kami, yakni kami orang-orang muslim maupun muslimat, mukmin maupun mukminat, yang masih hidup di antara mereka maupun sudah meninggal. Engkaulah Dzat yang maha mendengar, yang maha dekat, yang senantiasa mengabulkan doa, yang senantiasa menyampaikan kita kepada hajat kita dan dengan Rahmatmu, Rahmatillah kami,” urainya.

Dari doa tersebut sebenarnya sudah tersiratkan bagaimana seharusnya sesama umat muslim saling peduli kepada saudaranya sesama orang yang beriman.

Doa-doa kepada sesama muslim itu adalah upaya membangun kohesi internal antar umat Islam. Jika ditilik lebih jauh, doa kepada sesama muslim lebih diutamakan dari doa kepada orang tua, keluarga, bahkan diri kita sendiri maka menjalin kohesi antar umat Islam menjadi sangat penting

Leave a reply "Tidak Main-Main, Begini Doa Sesama Umat Muslim yang Sangat Ampuh"

Author: 
author