Nauzubillah.. Inilah golongan orang² yang tidak diterima doanya oleh allah swt.. semoga kita tidak termasuk,, amin..

Ada golongan tertentu yang tidak diterima doanya. Sebagai umat muslim, kita wajib tahu agar tidak merugi.
Berdoa merupakan salah satu ibadah. Perintah mengenai berdoa sudah Allah SWT tegaskan dalam Al – Qur’an. Berdoa juga merupakan suatu wasilah atau perantara untuk kita memohon sesuatu kepada Allah SWT. Dengan doa semua orang berhak memohon apapun keinginan dan hajatnya kepada Allah SWT. Sehingga terkabulnya suatu doa merupakan keinginan semua orang.

Maka tak heran banyak orang yang ingin mendapat keberkahan doa dari orang – orang yang dianggap memiliki keistimewaan d’anya mudah diijabah. Seperti ulama, waliyullah dll. Selain golongan manusia yang mudah diijabah doanya, ada pula golongan manusia yang tidak diterima doanya Allah SWT.

Sehingga penting bagi kita sebagai umat muslim yang memiliki segudang harapan dan keinginan untuk memahami hal ini. Tentu saja sebagai bentuk kehati – hatian agar kita tidak termasuk dalam golongan orang yang tidak diterima doanya.Sungguh merugi besar bagi orang yang termasuk dalam golongan itu. Tiada tempat memohon yang layak selain Allah SWT, lantas ketika kita hanya mampu memohon pada-Nya namun doa kita tidak diterima tentunya kita yang akan merugi. Sehingga muslim yang bijak harus paham mengenai golongan manusia yang tidak diterima doanya oleh Allah.

Golongan manusia yang doanya tidak diterima
Mengenai pembahasan ini dikutip dari kalam ulama kharismatik asal Martapura. Beliau adalah KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani yang sering disebut Guru Sekumpul. Beliau menjelaskan mengenai golongan manusia yang tidak diterima doanya oleh Allah.

Yang pertama adalah doa orang yang menyekutukan Allah. Ini sudah jelas, syirik adalah dosa besar, ini berarti seorang hamba telah menyamakan Allah dengan ciptaan-Nya. Tak salah bila doanya tak akan diterima sebelum ia bertaubat.

Yang kedua adalah orang yang meminum minuman keras. Sudah jelas khamr atau minuman keras itu dilarang dalam Islam. Sehingga wajar Nabi Muhammad SAW memberi perhatian khusus mengenai hal ini. Dalam hadits beliau menjelaskan segala amal tiada diterima oleh Allah selama 40 hari bila orang itu meminum khamr. Bayangkan betapa meruginya orang yang meminum khamr. Dalam sehari tak mungkin seseorang lepas dari suatu keinginan, dan akibat ia meminum khamr keinginan itu hanyalah sebuah khayalan.

2 Golongan manusia di atas adalah sebagai bentuk contoh orang yang berdoa tidak diterima oleh Allah. Tentunya perlu kewaspadaan diri agar kita terjauhkan dari hal itu. Bila kita tanpa sengaja terlanjur melakukannya, maka segeralah bertobat. Sesungguhnya Allah SWT Maha Pengampun. (CTH)

Wallahu a’lam bisshowaab.

Leave a reply "Nauzubillah.. Inilah golongan orang² yang tidak diterima doanya oleh allah swt.. semoga kita tidak termasuk,, amin.."

Author: 
author