5 Doa yang Sangat Dilarang Allah, Umat Islam Jangan Sampai Mengucapkannya

442 views

Umat Islam dianjurkan untuk berdoa dalam segala keadaan baik susah maupun senang. Dengan berdoa Allah SWt akan menilai seberapa besar kepasrahan dan keyakinan umatnya.
Tentunya saat berdoa, umat Islam memiliki banyak harapan dan keinginan yang diucapkan. Allah memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada umatnya untuk memohon ampunan.

Berdoa juga tidak boleh diucapkan sembarangan, namun harus mengikuti adab-adab yang telah diajarkan Rasulullah SAW. Karena ternyata ada doa-doa yang justru terlarang untuk dipanjatkan umat Islam.

Allah SWT telah berfirman “Berdoalah kepada Tuhan-mu, dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.”(QS Al-Araaf ayat 55).

Maksud melampaui batas disini adalah melampaui batas dalam segala hal. Diantaranya adalah meminta sesuatu yang tidak pantas, berlebihan dalam berdoa dan mengeraskan suara dalam berdoa.

Ada 5 doa yang sangat dilarang Allah. Dikutip RINGTIMES BALI dari video yang diunggah kanal YouTube Belajar Islam pada 13 Februari 2021, berikut 5 doa yang sebaiknya tidak diucapkan umat Islam.

1. Berdoa Hanya Untuk Kebaikan Dunia

Hidup di dunia adalah ibadah, apapun yang dikerjakan akan mendapatkan pahala jika dikerjakan sesuai ajaran Allah. Akan sangat rugi jika kita hanya berdoa untuk kebaikan dunia, karena sesungguhnya semua itu tidak bersifat kekal.

2. Memohon Ampun Untuk Orang Kafir

Orang yang meninggal dalam kekafiran, yakni tidak percaya pada Allah adalah dosa besar yang tidak diampuni. Meskipun orang tuanya mendoakan tetap tidak akan dikabulkan, bahkan orang beriman dilarang untuk memohon ampun untuk mereka.

3. Memohon Keburukan

Jika kita berdoa dan memohon keburukan untuk orang lain tentu saja sangat dilarang. Umat Islam diajarkan untuk berdoa memohon kebaikan baik untuk diri sendir maupun orang lain, meskipun kita dalam posisi dizalimi orang lain.

4. Memaksa Agar Doa Segera Dikabulkan

manusia punya banyak keinginan, namun belum tentu semuanya baik untuknya. Allah lebih tau mana yeng terbaik untuk umatnya.

Maka saat berdoa sebaiknya kita sabar dan tawakal. Jika sudah tiba saatnya dan memang baik untuk kita tentunya doa itu akan dikabulkan.5. Meminta Kematian

Saat kita mengalami sakit, kadang terlintas doa untuk mengharap kematian. Waktu kematian sudah digariskan yang tentunya tidak ada yang mengetahuinya.

Leave a reply "5 Doa yang Sangat Dilarang Allah, Umat Islam Jangan Sampai Mengucapkannya"

Author: 
author