Inilah Tanda ketika Ajal Mendekat Menurut Islam, Kenali Jangan Sampai Telat Dalam Bertaubat

Tak ada orang yang terhindar dari kematian, semua orang pasti mengalaminya. Tua, muda, bayi, laki-laki, perempuan, dokter, presiden, polisi, dan lain sebagainya pasti pada waktunya akan mengalami kematian.
Kematian itu bak ‘Alif Lam Mim’ ayat pertama surat Al-Baqarah, yang berarti hanya Allah yang tahu, tidak memandang usia, jabatan, paras, dan waktu. Kematian akan menjadi pemutus segala kenikmatan dan kebahagiaan yang dirasakan di dunia. Kehidupan di akhirat adalah abadi. Sementara, tidak ada yang abadi di dunia ini.

Tanda-tanda kematian yang pertama adalah saat 100 hari sebelum kematian seseorang. Biasanya tanda-tanda ini lazimnya setelah masuk waktu Asar. Diceritakan bahwa orang yang sedang dalam masa ini akan merasakan seluruh tubuh menggigil dari ujung rambut sampai ujung kaki.

Tanda-tanda kematian ini akan terasa nikmat dirasakan dan bagi orang yang tingkat keimanannya tinggi, langsung dapat menerima bahwa ini isyarat dari Allah tentang ajal sudah dekat.

Tapi bagi yang tingkat keimanannya rendah, terkadang mereka bingung dan bahkan ada yang tak sadar bahwa ini isyarat kematian dari Allah SWT.

Beberapa bulan sebelum ajal menjemput, orang yang sekarat akan lebih banyak tidur dari biasanya. Hal ini dikarenakan saat mendekati kematian, metabolisme tubuh menjadi turun. Tanpa pasokan energi alami yang stabil, membuat seseorang merasa terus-terusan kelelahan.

Berikut penjelasannya,

1. Sering Tidur

Kamu bisa membantu dengan memberikan tempat yang nyaman untuk orang tersebut tidur, tetapi dorong mereka untuk sesekali bangun dari tempat tidur agar tubuhnya, terutama bagian punggung tidak menimbulkan luka atau memar.

2. Makan dan Minum Lebih Sedikit

Kebutuhan energi yang berkurang, tentunya membuat seseorang merasa tidak memerlukan makanan dan minuman. Orang yang sekarat, biasanya tidak tertarik dengan makanan kesukaan mereka. Bahkan, beberapa hari menjelang kematian, kemungkinan ia tidak makan dan minum sama sekali.

Kamu bisa membantu dengan merendam kain menggunakan air dingin. Kemudian, tepuk kain itu pada bibir orang tersebut agar kulit halus di sekitar bibir tetap lembab. Lalu, tidak perlu memaksa mereka untuk makan dan minum. Biarkan mereka melakukannya saat merasa lapar dan haus.

3. Tidak ingin Bersosialisasi

Pada umumnya, seseorang yang mendekati ajalnya lebih menutup diri dari orang-orang, termasuk orang terdekatnya. Hal ini dikarenakan adanya cerminan alami dari perubahan energi dan keinginan mereka untuk melindungi diri dari hari-hari terakhir mereka hidup.

Kamu bisa mempertemukan keluarga dan rekannya saat dia merasa siap dan nyaman. Namun, jangan merasa tersinggung jika dia menolak untuk bertemu karena ini adalah upayanya untuk mengasingkan diri di hari-hari terakhir menjelang kematian.

4. Adanya Perubahan Kerja Tubuh

Tekanan darah menurun ketika seseorang mendekati kematian. Perubahan pernapasan lebih jelas dan detak jantung menjadi tak teratur. Ginjal mulai berhenti bekerja, membuat warna urin menjadi coklat.

Perubahan ini tidak menyakitkan orang itu, jadi kamu tak perlu melakukan apapun untuk mengatasi kondisi tubuhnya ini.

5. Jarang Buang Air

Ketika seseorang makan dan minum lebih sedikit, maka ia jarang mengeluarkan urine dan feses. Bahkan, bisa juga tidak mengeluarkannya sama sekali karena tidak ada makanan dan minuman yang masuk.

Ini adalah proses alami, jadi kamu tak perlu cemas. Sebab, fasilitas kesehatan, seperti Rumah Sakit menyediakan layanan berupa kateter untuk mengalirkan urine dari kandung kemih.

Itulah beberapa tanda jika ada seseorang yang mau meninggal. Kita semua akan mengalami hal tersebut. Semua yang hidup akan mati tanpa terkecuali.

Hiduplah yang bermanfaat jangan sampai meninggalkan satu hal yang membuat kecewa. Mulai sekarang hiduplah dengan baik.

Leave a reply "Inilah Tanda ketika Ajal Mendekat Menurut Islam, Kenali Jangan Sampai Telat Dalam Bertaubat"

Author: 
author