BAGIKAN KE KELUARGA!! UAS Jelaskan Tata Cara Shalat Idul Adha di Rumah, Boleh Tidak Pakai Khutbah ?

Pemerintah melalui Kementerian Agama telah membuat surat edaran terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H dikala pandemi Covid-19.

Masyarakat dihimbau melaksanakan Shalat Idul Adha di rumah saja demi mengurangi resiko tertularnya Covid-19 lewat kerumunan.

Ustad Abdul Somad pun dalam sebuah video yang diunggah di laman Facebook Belajar Islam Indonesia pada 31 Juli 2020, menjelaskan bahwa Shalat Idul Adha boleh dilakukan di rumah saja sendirian dan tidak perlu dengan Khutbah.

Baca Juga: Menag Yaqut Cholil Qoumas dan Presiden Jokowi Rapat, Takbiran dan Sholat Idul Adha di Rumah Saja Yaa

“Kalau tak boleh shalat idul adha (di masjid), di rumah saja sendirian, pakai khutbah Pak Ustad ? sendiri siapa jamaahnya pakai khutbah pula,” jelas dai yang akrab disapa UAS tersebut.

Namun UAS kembali menegaskan boleh saja memakai Khutbah jika dilakukan berjamaah misalkan tiga orang keluarga, ayah, anak dan ibu.

“Yang makai khutbah itu kalau bertiga (jamaahnya), bapak jadi imam dan khotib makmunya ibu dan anak, jadi bisa kalau bertiga,” imbuhnya

Baca Juga: Yaqut Larang Salat Idul Adha di Masjid, Tagar #MenagRasaKomunis Menggema di Twitter

Cara khutbahnya ialah dengan melaksanakan rukunnya dimulai dengan mengucapkan Takbir sebanyak sembilan kali hingga doa.

“Rukun khutbah (Idul Adha) itu ada lima, Takbir, Sholawat, (membaca) ayat (quran), wasiat taqwa, doa dan duduk,” jelas UAS.

Adapun cara Sholat Idul Adha seperti sholat idul fitri yakni pada rakaat pertama Setelah takbiratul ihram mengucapkan takbir seraya mengangkat tangan sebanyak tujuh kali sementara rakaat kedua membaca takbir lima kali.

Disela-sela takbir ucapkan kalimat Tasbih, Tahmid, Tahlil dan Takbir.

Subhanallah, Walhamdulillah, Walaa ilaaha Illa Allah, Allahu Akbar.

Barulah kemudian membaca surat Alfatihah dan surat pendek dan melakukan gerakan sholat pada umumnya.

Leave a reply "BAGIKAN KE KELUARGA!! UAS Jelaskan Tata Cara Shalat Idul Adha di Rumah, Boleh Tidak Pakai Khutbah ?"

Author: 
author