Hukum Memberi Daging Hewan Kurban kepada Non Muslim, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad

– Ustadz Abdul Somad dalam salah satu kajiannya pernah memberikan penjelasan terkait hukum memberi daging kurban kepada warga non-Muslim.

Memasuki bulan Dzulhijjah, pertanyaan seputar hukum pembagian daging kurban saat Idul Adha kepada warga non-Muslim tak jarang muncul di masyarakat.

Sebagaimana dilansir PORTAL JEMBER dari kanal YouTube Kopi Pahit yang tayang 19 Desember 2017, berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad terkait hukum membagikan hewan kurban kepada warga non-Muslim.

Ustaz Abdul Somad menjelaskan jawabannya dengan mengutip hadis tentang Asma’ binti Abu Bakar yang akan bertemu ibunya dan mendapat nasihat dari Rasulullah SAW.

Baca Juga: Simak 9 Aturan Saat Perayaan Idul Adha 1441 H di tengah Pandemi yang Ditetapkan Kemenag

Asma’ yang takut berjumpa dengan ibunya yang non-Muslim itu bertanya kepada Nabi Muhammad SAW.

“Wahai Rasulullah, ibuku datang mengunjungiku, apakah boleh aku bersilaturahim dengan ibuku, sementara ia masih musyrik?”

Nabi Muhammad SAW menjawab, “Tentu, silakan bersilaturahmi dengan ibumu.”

“Bolehkah aku berbagi hadiah kepadanya?” lanjut pertanyaan Asma’ kepada Rasulullah SAW.

Nabi Muhammad SAW menjawab bahwa itu boleh untuk dilakukan sehingga menjadi dalil bahwa membagi daging hewan kurban kepada non-Muslim diperbolehkan.

“Itulah dalil boleh membagi daging kurban kepada non-Muslim. Jangankan sedekah, daging kurban boleh engkau bagi,” ujar Ustadz kepada para peserta kajian.

Akan tetapi, Ustadz Abdul Somad menambahkan syarat mengenai pembagian daging hewan kurban kepada warga non-Muslim.

Bagi mereka yang melaksanakan ibadah kurban, pastikan umat Muslim sudah mendapatkan daging tersebut, khususnya mereka yang sedang dilanda kesulitan dan sangat membutuhkan.

Meski demikian, berbagi daging kurban kepada tetangga non-Muslim juga bernilai kebaikan karena termasuk sedekah.

Hadis yang dikutip oleh Ustadz Abdul Somad diriwayatkan oleh Al-Bukhari dalam hadis no.2620 dan hadis riwayat Muslim no.2322, sebagaimana dilansir PORTAL JEMBER dari situs Asysyariah.

Selain itu, ayat ke-8 dari Al-Qur’an surat Al-Mumtahanah mendukung hadis tentang Asma’ yang dikunjungi oleh ibunya yang non-Muslim dan memberi hadiah kepadanya. Ayat tersebut berbunyi:

“Allah tidak melarang kamu untuk berbuat baik dan berlaku adil terhadap orang-orang yang tidak memerangi kamu karena agama. Dan tidak pula mengusir kamu dari negerimu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berlaku adil.”

Leave a reply "Hukum Memberi Daging Hewan Kurban kepada Non Muslim, Simak Penjelasan Ustadz Abdul Somad"

Author: 
author