7 Hal Membuat Mandi Wajib Tidak Sah, Muslim Harus Tahu

1961 views

Di dalam agama islam, sebagai muslim tentu sudah diajarkan untuk melakukan hal yang diperintah dan menjahui larangan Allah SWT.
Melakukan hal baik dan benar islam mengajarkan semuanya, salah satunya tata cara mandi junub atau mandi wajib dengan benar.

Mandi wajib adalah mandi yang dilakukan untuk menghilangkan hadas-hadas besar. Ada beberapa penyebab yang mengharuskan anda melakukan mandi wajib, seperti selesai menstruasi, selesai hubungan seksual, mengeluarkan air mani, melahirkan dan orang meninggal.

Melakukan mandi wajib harus dengan benar dan sah. Kewajiban ini memang harus dilakukan ketika hendak menjalankan ibadah yang mewajibkan diri dalam keadaan suci.

Dilansir Ringtimesbanyuwangi.com dari YouTube Amalan Akhirat pada 11 Februari 2021, berikut 7 hal yang dapat membuat mandi wajib anda batal atau tidak sah:

Tidak melakukan mandi wajib dengan benar

Hal pertama yang membuat mandi wajib tidak sah adalah ketika dilakukan dengan cara yang tidak benar. Mungkin saja, ada poin-poin di mana tata cara mandi wajibnya lupa atau tidak sesuai.

Tidak membaca niat

Ini termasuk hal penting ketika anda mandi wajib. Hal ini yang membedakan mandi wajib dengan mandi biasa. cara membaca doa niat mandi wajib dilakukan dalam hati atau tidak bersuara.

Tidak menggunakan air bersih

Ketika melakukan sesuatu yang akan mensucikan kembali tubuh, mandi wajib haruslah menggunakan air bersih.

Jika dalam kondisi sulit mendapatkan air, maka bisa dilakukan secara tayammum yang memiliki tata caranya sendiri.

Ada Bagian tubuh yang masih kering

Proses menghilangkan hadast besar dengan mandi wajib harus membasahi seluruh anggota tubuh. Begitulah salah satu hal yang wajib di lakukan terkait tata cara mandi junub.

Rambut dalam keadaan tidak terurai

Seorang perempuan dan laki-laki yang memiliki rambut panjang, ada baiknya untuk tidak mengikat rambut saat melakukan mandi wajib.

Karena bisa saja air tidak masuk hingga sela-sela rambut sehingga mandi wajibnya akan tidak sah.

Masih terdapat kotoran di dalam kuku

Anda perlu tahu bahwa kotoran yang ada di dalam kuku bisa menghalangi air sampai ke badan, khususnya pada bagian bawah kuku .

Mandi wajib tidak sah juga karena kutek, sebaiknya sebelum mandi wajib membersihkan kuku terlebih dahulu.

Tidak sesuai urutan

Dalam melakukan mandi wajib anda perlu memperhatikan rukun mandi wajib.

membaca niat dalam hati
menghilangkan kotoran dan najis di badan
membasahi seluruh anggota tubuh
jika sudah memenuhi 3 rukun mandi wajib hal ini dianggap sah

Leave a reply "7 Hal Membuat Mandi Wajib Tidak Sah, Muslim Harus Tahu"

Author: 
author