Amalan Hari Jumat yang Harus Dilakukan, Sebab Jadi Penghapus Dosa dan Dapat Kabulkan Doa

Hari Jumat merupakan salah satu hari yang memiliki keistimewaan dan menjadi rajanya hari, maka dari itu banyak orang yang melakukan amalan yang banyak di hari tersebut.Amalan hari Jumat yang bisa Anda lakukan itu sangat banyak namun ada amalan yang memiliki keutamaan yang bisa menghapus dosa dan bisa kabulkan doa.

Maka dari itu sebaiknya hari Jumat diisi dengan banyak-banyak melakukan amalan-amalan yang dianjurkan baik itu dalam Alquran maupun hadits.

Bahkan dalam hadits sudah disebutkan bahwa hari jumat itu menjadi hari yang paling baik dan menjadi hari dimana diciptakannya Nabi Adam AS.

Sebagaimana dijelaskan dalam hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu bahwa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Salam bersabda:

“خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِي يَوْمِ الْجُمُعَةِ.”

“Sebaik-baik hari dimana matahari terbit di saat itu adalah hari Jum’at. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukan ke dalam Surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari Surga. Dan hari Kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jum’at.”

Pada hari jumat hendaknya kita memperbanyak Dzikir dan amalan-amalan yang telah dianjurkan oleh Rasulullah SAW agar pada hari istmewah ini kita bisa mendapat keberkahan, doa-doa kita dikabulkan serta di ampuni dosa oleh Allah SWT.

Dirangkum mantrasukabumi.com dari berbagai sumber mengenai dua amalan pada hari jumat yang bisa dilakukan dan memiliki keutamaan menghapus dosa dan kabulkan doa, yaitu sebagai berikut.

1. Membaca surah Al-Kahfi

Membaca surat Al-Kahfi termasuk salah satu sunah Rasulullah SAW yang sangat dianjurkan, terutama pada Jumat. Membaca surah dengan urutan ke-18 ini memiliki banyak keutamaan.

“Barang siapa yang membaca surat al-Kahfi pada hari Jumat ia akan diterangi cahaya dari bawah kakinya hingga ke langit pd hari Kiamat, & diampuni dosanya di antara dua Jumat.”

Al-Mundziri berkata, “Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Bakar bin Mardawaih dalam kitab tafsirnya dengan derajat sanad Laa ba’sa bihi.” (At-Targhib wat Tarhib).

Membaca surah Al-Kahfi dimulai dari tenggelamnya matahari pada sore hari kamis hingga sebelum tenggelamnya matahari pada sore hari jum’at atau magrib atau sebelum masuk maghrib.

Waktu yang cukup lapang dan panjang, sehingga hampir-hampir tidak ada alasan untuk tidak membaca al kahfi.

2. Shalat Jum’at

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang menyempurnakan bersucinya, lalu mendatangi shalat Jumat, kemudian diam hingga imam selesai melaksana kan shalatnya, melainkan akan menjadi penghapus dosa antara Jumat itu dengan Jumat setelahnya, jika dia menjauhi dosa besar.” (HR. Imam Ahmad).

Nah, itulah ke-2 amalan penghapus dosa pada hari jum’at, semoga bermanfaat.

Leave a reply "Amalan Hari Jumat yang Harus Dilakukan, Sebab Jadi Penghapus Dosa dan Dapat Kabulkan Doa"

Author: 
author