Ternyata, Sedekah yang Dilakukan pada Hari Jum’at Miliki Keutamaan yang Sangat Dahsyat

Bagi umat muslim, hari Jum’at merupakan hari istimewa dan juga waktu yang mulia, sangat baik untuk diisi amal sholeh seperti mengeluarkan sedekah baik banyak atau sedikit, karena pada hari Jum’at banyak sekali keutamaan yang sangat dahsyat.

Perlu diketahui, bahwa amal sholeh seperti sedekah yang dikerjakan atau dilakukan pada hari jumat di waktu dan tempat yang mulia, akan bernilai pahala lebih besar dibanding dengan amal sholeh yang dikerjakan di waktu dan tempat yang tidak memiliki keistimewaan.

Jadi, gunakanlah hari jumat untuk berbuat baik, beramal sholeh dan amalan-amalan lain yang bernilai pahala, seperti sedekah atau amalan lainnya.

Dalam sebuah hadits Rasulullah SAW dijelaskan mengenai keistimewaan hari Jumat, yang dikutip dari kitab Hadits Shahih Muslim No. 1411,yaitu sebagai berikut:

خَيْرُ يَوْمٍ طَلَعَتْ عَلَيْهِ الشَّمْسُ يَوْمُ الْجُمُعَةِ فِيهِ خُلِقَ آدَمُ وَفِيهِ أُدْخِلَ الْجَنَّةَ وَفِيهِ أُخْرِجَ مِنْهَا وَلاَ تَقُومُ السَّاعَةُ إِلاَّ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ

Artinya: “Hari terbaik yang matahari terbit di dalamnya, adalah hari Jum’at. Di hari itu Adam diciptakan. Di hari itu pula Adam dimasukkan ke dalam surga dan dikeluarkan dari surga. Dan Hari kiamat tidaklah terjadi, kecuali pada hari Jum’at.” (HR. Muslim no. 1411)

Maka dari itu, ketika kita melakukan amal sholeh atau sedekah dan amal ibadah lainnya yang wujudnya mendermakan harta, serta segala amal ibadah lainnya, ketika dikerjakan pada hari Jumat maka nilai pahalanya lebih besar dan berharga.

Dalam kitab Tuhfatul Habib Ala Syarhil Khatib atau yang Dikenal “Al-Bujairimi ‘Alal Khotib” (fikih Syafi’i), yaitu sebagai berikut:

ويسن كثرة الصدقة وفعل الخير في يومها وليلتها، ويكثر من الصلاة على رسول الله صلى الله عليه وسلم في يومها

 

Artinya: “Di hari dan malam Jumat, disunahkan memperbanyak sedekah dan shalawat kepada Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.” (Al-Bujairimi ‘Alal Khotib, 4/431)

Bahkan Imam Ibnul Qayyim rahimahullah pun menerangkan tentang keistimewaan hari Jumat, bahwa “Sedekah yang dilakukan pada hari Jumat itu lebih afdol dibandingkan dengan sedekah di hari yang lain. Perbandingan sedekah di hari Jumat dengan sedekah yang dilakukan di hari lain dalam sepekan, seperti perbandingan sedekah di bulan Ramadhan dengan bulan-bulan lainnya.” (Zadul Ma’ad 1/248).

Nah, itulah keistimewaan sedekah di hari jum’at. Jadi, jangan sampai terlewat untuk sedekah dihari yang mulia dan istimewa tersebut ya.

Leave a reply "Ternyata, Sedekah yang Dilakukan pada Hari Jum’at Miliki Keutamaan yang Sangat Dahsyat"

Author: 
author