Masih mau malam mingguan? Ini Pandangan Islam Mengenai Malam Minggu

485 views

Sudah bukan hal yang asing, sabtu malam atau lebih akrab dengan sebutan Malam minggu memang menjadi hari yang sangat ditunggu dan dinantikan.

Bagaimana tidak, setelah kurang lebih enam hari disibukkan dengan kegiatan belajar atau bekerja bagi sebagian orang, rasanya malam minggu menjadi waktu yang sangat tepat untuk menebus segala penat dan lelah yang dirasakan.
Dibalik hingar bingar malam minggu banyak sekali mudharat yang ditimbulkan, karena kebanyakan para remaja menjadikan malam minggu sebagai waktu dimana mereka melakukan kegiatan yang menjurus kemaksiatan.

Apa yang terkandung pada malam minggu? sepanjang yang kita ketahui, tidak ada hari diantara hari-hari yang lebih mulia selain hari jum’at, sebagaimana banyak terdapat dalam hadits-hadits Rasulullah ﷺ seperti : Nabi Adam Alaihissalam di ciptakan pada hari jum’at, kiamat itu tidak akan terjadi melainkan pada hari jum’at, dll.

Maka, hari jum’at adalah hari Allah ﷻ dimana kaum muslimin dimanapun kecuali orang munafiq, merasakan keistimewaan hari tersebut, seperti hadits Rasulullah ﷺ :

“Surat Al-Kahfi menjadi penerang (cahaya) bagi ahlinya dari jum’at ke jum’at”

Kemudian, apa sebenarnya yang terkandung pada hari minggu?
Kenapa justru kebanyakan diantara kita lebih mengagungkan hari minggu dibandingkan hari Jum’at yang lebih diagungkan dalam Islam.

Ini adalah realita yang amat menyedihkan sepanjang sejarah islam, mengapa kita bisa menjadi umat-umat terbelakang yang lebih mendahulukan dunia ketimbang akhirat kita, yang lebih mendahulukan kebahagiaan sementara ketimbang kebahagiaan abadi.

Hari sabtu dan hari minggu adalah, dua hari yang di agung-agungkan oleh orang-orang yahudi dan nasrani (kristen), hari sabtu untuk kaum yahudi dan hari minggu untuk kaum nasrani, dan masing-masing pada hari tersebut Allah ﷻ menyesatkan mereka dan memasukkan mereka kedalam murka-Nya.

Sabda Rasulullah ﷺ : “Barang siapa yang mengikuti kebiasaan suatu kaum (yang bukan muslim) maka mereka adalah dari golongan mereka”

Maka dari itu, alangkah baiknya jika pada malam minggu kita mengisi malam tersebut dengan hal-hal yang lebih positif. Dan menjauhi hal-hal yang bisa menjerumuskan kita kepada suatu maksiat atau perbuatan yang dilarang Allah ﷻ.

Semoga bermanfaat, dan bisa lebih menjauhkan kita dari perbuatan dosa.

والله أعلم بالصواب

Leave a reply "Masih mau malam mingguan? Ini Pandangan Islam Mengenai Malam Minggu"

Author: 
author