Bacalah 2 Ayat Ini Setiap Malam, Insya Allah Rezeki Lancar, Tidak Akan Kekurangan

Ada 2 ayat di dalam al-Qur’an yang bila dibaca tiap malam hingga orang yang membacanya hendak dikasih kecukupan 7 turunan. 2 ayat aja? Iya, cuma 2 ayat.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang membaca 2 ayat terakhir dari tulisan al-Baqarah pada malam hari, tentu dia tercukupi.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam nuzhatul muttaqin syarah riyadhush shalihin, syaikh dokter Mustofa Said al-Khin, syaikh dokter Mustofa al-Bugho, syaikh Muhyidin Mistu, syaikh Ali asy-Syirbaji dan juga syaikh Muhammad Amin Luthfi menegaskan bahwa, salah satu arti tercukupi dalam hadits ini merupakan tercukupi seluruh keperluan dunia dan juga akhiratnya dan terhindarkan dari seluruh kejahatan.

Hadits ini pula yang dicantumkan oleh ibnu katsir dikala menarangkan keutamaan 2 ayat terakhir tulisan al-Baqarah ini dalam tafsirnya.

2 ayat terakhir dalam tulisan al-Baqarah tersebut tidak lain merupakan firman-Nya:

(QS Al-Baqarah 2:285-286)

Bisillahirrahmanirrahim

Amanar-rasulu bima unzila ilayhi min rabbihi wal-muminun

Kullun amana billahi wa mala ikatihi wa kutubihi wa rusulih

La nufarriqu bayna ahadin min rusulih

Wa qalu sami’na wa a-ta’na ghufranaka rabbana wa ilaykal masir

La yukallifullahu nafsan illa wus’aha

Laha ma kasabat wa alayha maktasabat

Rabbana la tu akhidhna in nasina au akhta’na

Rabbana wa la tahmil alayna isran kama

Hamaltahu alalladhina min qablina

Rabbana wa la tuhammilna ma la taqata lanabih

Wa’fu anna, waghfir lana, warhamna

Anta maulana fansurna alal-qaumil-kafirin

Artinya: “Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al-Qur’an) dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman.

Semua beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata), ‘Kami tidak membeda-bedakan seorang pun dari rasul-rasul-Nya.’

Dan mereka berkata, ‘Kami dengar dan kami taat. Ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepada-Mu tempat (kami) kembali.’

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahala) dari (kebajikan) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya.

(Mereka berdoa), ‘Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tidak sanggup kami memikulnya. Maafkanlah kami, ampunilah kami, dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang-orang kafir’.” (QS. al-Baqaroh: 285-286)

Bila dirasa berguna silahkan share kepada yang lain.

Rasulullah SAW bersabda:

“Siapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al-Baqarah pada malam hari, maka ia akan diberi kecukupan.” (HR. Bukhari no. 5009 dan Muslim no. 808)
Keutamaan Surat Al-Baqarah Ayat 285-286

Selain sebagai pencukup bagi seorang hamba, Surat Al-Baqarah ayat 285-286 juga memiliki keutamaan lain, yaitu:
Sebagai Penyembuh dan Perkara yang Dicintai Allah

Imam Ad Darimi meriwayatkan hadits dari Abu Hurairah RA, ia berkata:

“Rasulullah SAW bersabda, ‘Ada dua macam (doa), berhalangan adalah ayat Alquran, menjadi penyembuh, dan diakhiri adalah sebagian dari perkara yang dicintai Allah, yaitu dua ayat dari akhir surat Al Bagarah”

Menjauhkan dari Gangguan Setan

Imam Thabrani meriwayatkan hadits dengan sanad yang baik, dari Syadad bin Aus RA. Ia menyatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Sesungguhnya Allah SWT telah menuliskan dua catatan seribu tahun sebelum Dia menjadikan langit dan bumi. Kemudian, Dia menurunkan catatan itu, yakni dua ayat terakhir Surat Al-Baqarah. Jika saja seseorang tidak membacanya di rumahnya selama tiga malam, maka setan pun pasti akan mendekati rumahnya.”

Mendapatkan Pahala Qiyamul Lail

Ibn ‘Adi meriwayatkan dari hadits Ibn Mas’ud Al Anshari RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda:
“Allah telah menurunkan dua ayat Al Quran yang merupakan gudangnya surga. Dia Yang Maha Rahman (Pengasih), telah menuliskannya sendiri sebelum diciptakannya makhluk selama seribu tahun yang silam. Barangsiapa yang membaca dua ayat itu (Surat Al-Baqarah ayat 285-286) setelah sholat isya pada akhir malam, maka cukuplah baginya ganjaran dari qiamul lail (bangun malam untuk beribadah)”

Leave a reply "Bacalah 2 Ayat Ini Setiap Malam, Insya Allah Rezeki Lancar, Tidak Akan Kekurangan"

Author: 
author