Ternyata Inilah Tiga Amalan yang Sering Dilewatkan Dan Dianjurkan Rasulullah untuk Malam Jumat

Ini merupakan tiga amalan yang dianjurkan untuk dibaca saat malam Jumat tiba. Tiga amalan ini sebenarnya bisa diamalkan di hari-hari biasa, tapi ketika malam Jumat tiba amalan ini menjadi istimewa.

Lagipula, malam Jumat menyimpan banyak sekali keistimewaan. Salah satunya adalah, hari Jumat menjadi hari yang mustajab. Hari yang baik untuk diterimanya sebuah doa.

Berikut tiga amalan yang bisa kamu lakukan untuk mengisi malam jumat.

Pertama, baca surat Yasin.

Baca surat yasin juga dianjurkan sebagai salah astu amalan malam jumat. Bahkan, kata Rasul, barangsiapa yang membaca surat ini, terlebih di hari jumat, maka akan dibukakan pintu ampun bagi yang mengamalkannya.

Rasulullah SAW bersabda:

“Barang siapa pada malam Jumat membaca Hamim ad-dukhan (surat Ad Dukhan) dan surat Yasin, maka pada pagi harinya ia akan diampuni (dosa-dosanya)” (HR. Ibn. Adh-Dharis dan Baehaqi).

Kedua, Baca surat Al-Kahfi

Ini merupakan amalan kedua yang sebaiknya dilakukan oleh seorang muslim. Surat al-kahfi ini berisikan kisah dan teladan dari umat terdahulu yang begitu taat kepada Allah.

Salah satu berkah ketika baca surah al-Kahfi ini, kelak orang yang biasa mengamalkannya akan disinari cahaya. Artinya, ia bisa jadi dapat syaafat dari Nabi.

“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (HR. ad-Darimi).

Ketiga, memperbanyak zikir dan selawat

Nah, ini jadi anjuran ketiga. Perbanyaklah selawat dan dan zikir. Sebab anda mungkin akan rugi jika melewatkan malam Jumat dengan biasa saja.

Rasul bersabda:

“Di hari Jumat terdapat suatu waktu yang tidaklah seorang muslim yangberdiri melaksanakan salat lantas memanjatkan doa pada Allah bertepatan dengan waktu tersebut, Allah akan memberi apa yang diminta.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Semoga kita senantiasa mendapatkan keberkahan hari Jumat. Amin. Wallahu a’lam.

Leave a reply "Ternyata Inilah Tiga Amalan yang Sering Dilewatkan Dan Dianjurkan Rasulullah untuk Malam Jumat"

Author: 
author