Doa Hari Jumat Agar Lancar Rezeki hingga Terhindar dari Malapetaka

238 views

Memanjatkan doa hari Jumat disebut-sebut lebih mudah diijabah oleh Allah SWT. Sebab, hari Jumat merupakan hari yang spesial bagi umat Islam. Hal tersebut telah disabdakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR Muslim).

Hari Jumat juga menjadi waktu yang paling mustajab untuk memanjatkan doa kepada Allah SWT. Oleh karena itu, umat Islam dianjurkan untuk senantiasa memperbanyak melantunkan doa dan salawat pada hari Jumat.

Agar hidup menjadi berkah, berikut kumpulan doa hari Jumat yang bisa dilantunkan setelah sholat maupun sepanjang waktu.

Dilansir dari NU online, Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa yang dapat dibaca pada pagi hari Jumat.

Astaghfirullahalladzi la ilaha illa huwal hayyul qayyumu, wa atubu ilaihi.

Artinya, “Aku memohon ampun kepada Allah, Zat yang tiada tuhan selain Dia yang maha hidup, lagi maha tegak. Aku bertobat kepada-Nya.”

Doa memohon kelancaran rezeki

Allahumma alaika tawakkaltu farzuqni wakfini, wa bika ludztu fa najjini mimma yu’dzini anta hasby wa ni’mal wakil, Allahumma raddhini bi qadhaika, wa qanni’ni bi athaika, waj ‘alni min awliyaika.

“Ya Allah SWT, aku berserah diri pada-Mu, berikan aku rezeki dan cukupkan aku. Selamatkan aku dari sesuatu yang menyakitiku. Engkau adalah satu-satunya pelindung terbaikku. Dan cukupkanlah aku dengan anugerah-Mu dan jadikanlah aku dari para wali-Mu”

Doa memohon kebaikan untuk sesama

“Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah.”

“Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi.”

Doa Agar Terhindar dari malapetaka

“Allahumma inni asaluka ya man la tughallithuhul masail, ya man la yusyagghiluhu sam’u an sami’a, ya man la yubrihumuhu ilhah al-mulihhin, Allahumma inni audzubika min juhdil bala wa darkis syaqa’ wa su’il qadha’ wa syamatatil a’da’. Allahummaksyif ‘anni wa ‘an kullil muslimin kulla syiddatin wa dhiqin wa karabin, Allahumma aslaluka farjan qariban, wa kaffa anni ma uthiq, wama la uthiq, Allahumma farrij ‘anni, wa an kullil Muslimin wa kul hammin wa ghammin, wa akhrijni wal muslimina min kulla karabin wa huznin.”

“Ya Allah, Aku meminta kepadamu wahai Yang tidak dicampuradukkan perkara (bagi-Nya), wahai Yang tidak disibukkan pendengaran mereka yang mendengarkan, wahai Yang ketentuannya tak berpengaruh rintihan orang yang (berdoa) merintih, aku berlindung kepada-Mu dari malapetaka dan kesengsaraan, ketetapan yang buruk, dan caci maki musuh. Ya Allah, lepaskanlah diriku dan dari setiap Muslim setipa kesusahan dan kesempitan dan himpitan. Ya Allah aku meminta kepada-Mu jalan keluar segera, cukupkan dari apa yang aku mampu dan apa yang aku tidak mampu, Ya Allah angkatlah kesedihan dan kegundahan dariku dan dari setiap Muslim. Hentikan hamba pada sesuatu yang dapat saya tanggung dan yang tidak bisa saya tahan. Angkat semua kekhawatiran dan kesusahan dari diri saya dan semua Muslim. Singkirkan keresahan dan kesedihan dari diri saya dan umat Muslim.”

Demikian beberapa doa hari Jumat yang dapat Anda baca baik setelah shalat maupun sepanjang hari. Selain menjadi berkah juga bisa menjadi pahala bagi yang menjalankan amalan ini.

Leave a reply "Doa Hari Jumat Agar Lancar Rezeki hingga Terhindar dari Malapetaka"

Author: 
author