Bersedekah kepada Lima Orang Ini akan Membuatmu Dikejar Rezeki Kata Ustadz Adi Hidayat

Berinfaq atau bersedekah di jalan Allah itu tidak harus menggunakan uang dapat berupa lainnya.

Infaq itu dapat berupa materi misalnya saja makanan, buah-buahan, dan juga pakaian. Itu juga merupakan infaq atau sedekah yang dapat dilakukan.

Walaupun tidak punya uang kita bisa berinfaq dengan barang dan makanan juga. Dan itu juga bernilai tinggi, walaupun hanya sekedar makanan ringan saja.

Dan kepada siapa infaq atau sedekah itu paling baik diberikan? Berikut ini penjelasan ustadz Adi Hidayat yang telah dikutip PortalJember.com dari Youtube Zaenudin Zanno yang diunggah pada 25 Maret 2021.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan kepada siapakah sedekah ini bisa kita berikan? Bahkan kita juga sering keliru tentang hal ini. Allah mengatakan jika ada lima yang paling utama.

Apabila menemukan kelima yang paling utama ini maka akan menjadi peluang infaq yang sangat tinggi untuk diberikan.

Akan tetapi ada peringatan di surah Al-Baqarah ayat 267, “Jangan kamu infaqkan kepada orang lain yang kamu tidak suka melihatnya,”

Lima orang yang dimaksudkan di sini yang pertama adalah orang tua, kita harus memberikan sebagian rezeki kepada orang tua bahkan tanpa diminta.

Begitu memberikan sebagian rezeki kepada orang tua bukan cuma mendapatkan lipatan pahala 700 kali lipat lebih. Tapi juga ridho Allah turun pada saat itu juga.

Yang kedua adalah kerabat terdekat, kerabat terdekat dibagi menjadi dua yaitu ada yang tempatnya jauh tapi hubungannya dekat. Walaupun jauh, tapi apabila saudara kesusahan maka harus dibantu.

Dan yang kedua dan termasuk dalam lima orang yang harus diberikan sedekah adalah orang yang tidak ada hubungan keluarga tapi dekat misalnya saja tetangga.

Bahkan walaupun tetangga berbeda agama, masih ada peluang untuk infaq. Karena dalam urusan dunia kita harus berbagi, urusan beribadah adalah masing-masing.

Bahkan terdapat hadits Nabi yang mengatakan,”Siapa yang masak makanan baunya sampai ke tetangganya maka bagilah dia walaupun cuma kuahnya,”

Dan pada hadits itu tidak dikatakan untuk dibagikan hanya kepada tetangga muslim saja. Jadi, walaupun tetangga non muslim tetap berbagilah.

Orang non muslim adalah salah satu orang yang dapat diberikan infaq atau sedekah karena kita memperlihatkan betapa indahnya agama Islam.

Dan mungkin saja apabila non muslim itu melihat betapa indahnya agama Islam akan tergerak hatinya di jalan Allah SWT.

Yang terakhir adalah anak yatim, tidak harus memberikan uang yang banyak cukup hanya dengan pakaian saja juga bisa. Pakaian-pakaian yang masih bagus dan dapat diinfaqkan.

Jangan sampai ada pakaian yang walaupun sehelai tidak digunakan untuk beribadah. Usahakan setiap yang kita gunakan menjadi saksi di akhirat jika dia pernah dipakai untuk beribadah.

Karena nanti semua akan berbicara bahkan termasuk juga pakaian yang telah kita gunakan.

Leave a reply "Bersedekah kepada Lima Orang Ini akan Membuatmu Dikejar Rezeki Kata Ustadz Adi Hidayat"

Author: 
author