Inilah Ahli Ibadah yang Disenangi Setan, Buya Yahya: Jahatnya Tuh Luar Biasa

Buya Yahya ungkap ahli ibadah yang disenangi setan adalah mereka yang tidak sadar dengan hal ini.

Menjadi ahli ibadah pada dasarnya merupakan sesuatu yang mulia. Namun harus waspada, jika salah malah menjadi jalan menuju dosa.

Tidak heran jika setan paling senang jika ada ahli ibadah yang tertipu dengan amalannya.

Dilansir PortalJember.com dari unggahan kanal YouTube Al-Bahjah TV, yang diunggah pada 22 Juli 2019, berikut hal yang membuat setan senang dengan ahli ibadah.

“Rankingnya ahli ibadah dalam orang-orang yang tertipu adalah ranking yang kedua, yang pertama ahli ilmu,” ungkap Buya Yahya.

Tertipu di sini maksudnya adalah seseorang merasa dirinya mulia karena banyak ibadah.

Namun tanpa sadar sesungguhnya ibadahnya tersebut sia-sia dan malah menjadi dosa.

Menurut Buya Yahya, tertipunya ahli ibadah karena mereka tidak sadar dalam satu hal. Bahkan hal ini pernah diingatkan oleh Imam Ghazali.

“Awas hati-hati, Imam Ghazali mengingatkan yang jago ibadah ini biasanya lisannya nyelekit, dan enggak sadar,” ungkap Buya Yahya.

“Yang punya hafalan Al Quran enggak sadar karena merasa, ngomong seenaknya, karena dianggap rendah semuanya,” lanjutnya.

Ahli ibadah menjadi tidak sadar bahwa perbuatan dan perkatannya telah menyakiti serta merendahkan orang lain.

Bahkan, sampai tidak sadar bahwa mereka telah berbuat jahat kepada orang terdekat, seperti orang tua dan pasangan.

“Kadang jahatnya tuh luar biasa, jahat sama bapaknya, sama ibunya, sama suaminya, enggak sadar, hati-hati,” kata Buya Yahya.

Maka itulah yang membuat setan senang dengan ahli ibadah yang tidak sadar bahwa mereka telah merendahkan dan menyakiti orang lain.

“Semakin kenceng setan senang, ayo sujud yang banyak, sedekah yang banyak, ente sama saya ayo, tepuk tangan terus, dan enggak sadar itu,” ungkap Buya Yahya.

Oleh karena itu, jadilah ahli ibadah yang jauh dari sifat sombong. Tetaplah merendah dan hanya berharap ridho Allah dalam segala ibadah.

Wallahu a’lam.***

Leave a reply "Inilah Ahli Ibadah yang Disenangi Setan, Buya Yahya: Jahatnya Tuh Luar Biasa"

Author: 
author