Mendidik Anak Agar Sopan Dan hormat Kepada Ayah Bunda Serta Orang Disekitarnya.

Mendidik Anak Agar Sopan Dan hormat Kepada Ayah Bunda Serta Orang Disekitarnya.

Sebagai orang tua pastilah ingin memiliki anak yang sopan dan nurut sama orang tuanya, Ayah Bunda pasti pernah melihat anak yang berperilaku tidak sopan dan sama sekali tidak menghormati orang tua. Sungguh sangat miris. Kita pastinya tidak ingin memiliki generasi yang pintar tapi minim akhlak.

Berikut ini tips yang bisa ayah bunda lakukan agar si kecil tumbuh besar menjadi anak yang santun dan mampu jadi kebanggaan orang tuanya.

Bersikap lembut dan tunjukkan kasih sayang yang tulus

Sebagai orang tua, selalu bersikap lembut kepada anak adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Sebab hanya dengan tutur kata yang lembut, seorang anak akan mendengarkan perkataan dari orang tuanya. Selain dituntut untuk bersikap lembut kepada anak, orang tua juga selayaknya memberikan kasih sayang yang tulus dan utuh kepada anak. Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Anda sangat menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak yang bisa Anda lakukan.

Orang tua jadi teladan yang baik bagi anaknya

Anak kecil ibarat kertas putih. Bagaimana ia akan bersikap, meniru lingkungan di sekitarnya. Terutama orang tuanya.
Jika orang tuanya selalu bersikap sopan, maka anak pun akan menurut. Namun, jika orang tuanya terbiasa memerintah dengan suara

keras, marah dengan melempar benda, tidak hormat terhadap orang-orang di sekitarnya, maka anak pun akan demikian. Karena anak merupakan cerminan orang tuanya.

Jadi, kalau anak mau hormat pada ayah bundanya, maka orang tua pun harus memberikan teladan pada anak-anaknya.

Hindari berbohong pada anak

Hal ini sering dilakukan orang tua pada umumnya. Karena menganggap anak masih kecil, maka baik-baik saja kalau berbohong pada anak.

Tanpa disadari, tindakan tersebut sama saja mengajarkan anak untuk berbohong. Gak mau kan, si kecil yang imut, tumbuh jadi anak pembohong?

Kebiasaan berbohong pada anak juga mengakibatkan anak kehilangan rasa hormat pada orang tuanya. Mereka tidak lagi percaya dengan apa yang diucapkan ayah bundanya.

Konsisten

Tatkala mendisiplinkan anak, sering kali orang tua tidak konsisten. Misalnya, anak tidak boleh main gadget karena waktunya tidur siang. Tapi karena si kecil ngambek, akhirnya anak dibiarkan tetap main gadget.

Sikap seperti ini bisa membuat anak bingung tentang mana aturan yang benar dan mana aturan yang salah, orang tua yang tidak konsisten dalam sikap dan tindakannya, alih-alih dihormati, malah diremehkan anak.

Jujur saat memberi penjelasan terhadap anak

Di masa pertumbuhannya, anak penuh rasa ingin tahu. Hendaklah orang tua selalu bersikap jujur ketika menjelaskan sesuatu pada anak.
Jika tidak tahu jawabannya, maka ungkapkan bahwa ayah bunda tidak tahu. Dan bersama-sama si kecil, mencari tahu jawabannya. Dengan demikian, anak akan lebih menghormati ayah bunda dibanding jika ayah bundanya berbohong dan mengarang-ngarang cerita.

Ajarkan rasa tanggung jawab

Ajarkan dan ingatkan anak Anda untuk selalu memiliki rasa tanggung jawab terhadap dirinya. Misalnya jika telah tiba waktunya untuk sekolah, ia harus berangkat. Jika ia bertanya mengapa harus demikian. Berikanlah alasan yang bisa dipahami olehnya.

Meminta maaf pada anak saat salah

Menjadi orang tua bukan berarti akan selalu benar. Namanya manusia, pasti tidak luput dari salah. Karena itu, orang tua tidak perlu gengsi untuk meminta maaf pada anak saat melakukan kesalahan. Misalnya sudah menuduh anak, padahal ternyata anak tidak melakukan apa-apa.

Sikap berani meminta maaf seperti ini akan dihargai oleh anak dan ditirunya.

Bicara dengan tegas, bukan galak

Saat orang tua hendak menerapkan sebuah aturan, tak perlu galak, apalagi sampai membentak. Cukup ungkapkan dengan tegas dan jelaskan mengapa ia tidak boleh melakukan hal yang dilarang orang tuanya.

Berikan kasih sayang pada anak

Janganlah jadi orang tua yang pelit dalam mengungkapkan kasih sayang terhadap anak sendiri. Anak yang mendapat cukup kasih sayang dari orang tuanya, akan tumbuh menjadi pribadi yang penyayang dan penuh empati.

Dengan begitu, si kecil tak hanya jadi sayang terhadap orang tuanya. Tapi juga dengan orang-orang di sekitarnya.

Nah, Demikianlah beberapa tips agar anak bisa tumbuh jadi pribadi yang hormat pada orang tua. Memang, butuh ketekunan dan kesabaran dari orang tua untuk bisa menanamkan nilai tersebut pada si kecil.

Namun seiring berjalannya waktu, anak pun akan tumbuh menjadi pribadi yang sopan dan pastinya jadi kebanggaan ayah bunda.
Semoga bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Leave a reply "Mendidik Anak Agar Sopan Dan hormat Kepada Ayah Bunda Serta Orang Disekitarnya."

Author: 
author