Bolehkah Mandi Junub Setelah Adzan Subuh ketika Puasa? Ustadz Abdul Somad Menjelaskan Begini

Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum mandi junub setelah subuh ketika puasa.

Ketika seseorang dalam keadaan junub baik karena mimpi basah ataupun berhubungan sebagai suami dan istri maka ia wajib mandi junub sebelum beribadah.

Namun, tak dapat dipungkiri seringkali setelah melakukan hubungan maka pasangan tertidur pulas dan baru terbangun saat pagi.

Padahal hubungan tersebut merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan puasa.

Dalam sebuah video YouTube Cahaya Islami 26, seorang jamaah menanyakan apakah puasa seseorang yang mandi junub setelah sahur namun sudah adzan subuh karena bangun kesiangan akan diterima?

Untuk menjelaskan permasalahan ini ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa ada sebuah hadist yang diriwayatkan oleh sayidina Aisyah ra.

Datang seorang laki-laki menjumpai rasulullah SAW, ia berkata, “Aku ketika bangun pagi dalam keadaan junub dan saya mau puasa,”

Rasulullah kemudian menjawab, “Aku pernah juga bangun pagi dalam keadaan junub, lalu aku mandi wajib dan aku berpuasa,”

Lalu laki-laki itu tidak terima dan berkata lagi, “Ya, rasulullah, engkau tak sama seperti kami, engkau kan nabi, dosamu yang lalu dan yang akan datang sudah diampunkan Allah SWT,”

Nabi SAW marah mendengar perkataan itu, ia bersabda, “Demi Allah aku orang paling takut pada Allah, aku yang paling tahu,”

“Makna ucapan nabi ini, ‘ya kamu mandi saja dan puasa’, cuma yang perlu diingat junubnya itu sebelum adzan subuh,” kata Ustadz Abdul Somad dikutip PortalJember.com dari YouTube Cahaya Islami 26 yang diunggah pada 1 Mei 2020.

Artinya hubungan dilakukan sebelum subuh sehingga bangun dalam keadaan junub dan ternyata ketika bangun sudah adzan subuh.

“Itu puasanya lanjutkan, yang tidak boleh itu setelah adzan subuh baru dia berhubungan. Nah itu nauzubillah, tak boleh,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Adapun pendapat para ulama disampaikan dari Imam Nawawi bahwa semuanya sepakat orang yang menanggung junub ketika subuh itu puasanya sah baik junubnya karena mimpi basah maupun karena berhubungan.

Leave a reply "Bolehkah Mandi Junub Setelah Adzan Subuh ketika Puasa? Ustadz Abdul Somad Menjelaskan Begini"

Author: 
author