Bolehkah Mencicipi Makanan ketika Masak saat Berpuasa? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum mencicipi makanan ketika masak saat berpuasa, apakah boleh atau tidak.

Sebagaimana yang sudah diketahui, menyiapkan makanan untuk berbuka puasa merupakan salah satu kebiasaan rutin yang dilakukan oleh umat muslim saat Ramadhan.

Biasanya, tugas tersebut dilakukan oleh ibu-ibu. Untuk memastikan makanan yang dibuat mempunyai rasa yang pas, tentu harus dicicipi terlebih dahulu.

Namun bolehkah mencicipi makanan ketika masak saat berpuasa baik oleh ibu-ibu maupun seorang chef?.

Menurut Ustadz Abdul Somad, hukum mencicipi makanan ketika masak saat berpuasa diperbolehkan. Hal tersebut berdasarkan uraian dari Syekh Abdul Aziz Ibnu Baz.

“Kata Syeikh Abdul Aziz Ibnu Baz, tidak apa-apa, tidak apa-apa katanya. Ambil aja sedikit, karena alat perasa tuh di sini (ujung lidah), tidak masuk sampai ke dalam. Itu alasan dia (Syekh Abdul Aziz Ibnu Baz),” tutur Ustadz Abdul Somad sebagaimana yang dilansir PortalJember.com dari kanal Youtube semuthitamTV yang diunggah pada 10 April 2021

Namun meski diperbolehkan, Ustadz Abdul Somad sendiri tidak pernah melakukan hal tersebut dengan tujuan ihtiyat atau kehati-hatian.

“Tapi saya tidak pernah melakukannya dan keluarga saya, saya larang, istri saya, emak saya. Gimana ni mak cicipi ndak? Ndak usah mak. Nanti kalau kurang garam tambah. Ihtiyat, lebih baik berhati-hati,” papar Ustadz Abdul Somad.

Itulah jawaban Ustadz Abdul Somad mengenai bolehkah mencicipi makanan saat berpuasa. Wallahu alam bish-shawab, semoga bermanfaat.***

 

Leave a reply "Bolehkah Mencicipi Makanan ketika Masak saat Berpuasa? Ini Jawaban Ustadz Abdul Somad"

Author: 
author