Apakah Setan Benar-benar Terbelenggu di Bulan Ramadhan? Ini Kata Utsadz Abdul Somad

Ramadhan adalah bulan suci yang sangat istimewa bagi seluruh orang yang beragama Islam.

Pada bulan ini, Allah menurunkan banyak berkah yang bisa didapatkan oleh seluruh umat muslim yang beribadah.

Oleh karena itu, umat muslim sebaiknya memanfaatkan bulan ini untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.

Selain berkah yang banyak, setan juga terbelenggu di bulan suci ini. Namun, apakah setan benar-benar dibelenggu sehingga tidak bisa menggoda manusia?

Dikutip dari video YouTube.com di kanal dakwahmedsos yang diunggah pada 31 Maret 2021, berikut penjelasan Ustadz Abdul Somad mengenai makna setan yang dibelenggu di bulan Ramadhan.

Pada salah satu kesempatan ceramah, Abdul Somad mendapatkan pertanyaan ang berbunyi, “Ketika bulan Ramadhan, kenapa masih ada orang yang berbuat mungkar, padahal setan dibelenggu.”

Kemudian beliau mengatakan, “Kenapa setan tetap ada? Maka setelah saya baca kata Imam Nawawi dalam kitab Al Minhaj Syarah Shahih Muslim, kata dia di situ maknanya setan bukan terikat, tapi melihat iman kita seolah-olah setan terikat.”

Abdul Somad kemudian memberikan contoh dengan mengatakan, “Contoh saya mau ceramah ke masjid dan ternyata saya terlambat.”

“Karena terlambat, saya telah digantikan oleh ustadz yang lain, dan saya hanya duduk untuk mendengarkan ceramah.”

“Selesai tausiah, apa kata Ustadz pengganti? ‘Waktu ustadz duduk tadi mulutku rasanya terkunci.'”

“Apakah mulut dia terkunci atau tidak? Tidak terkunci. Lalu kenapa dia katakan terkunci, ‘Karena Ustadz duduk di situ aku grogi, seolah-olah mulutku terkunci.'”

“Begitu juga dengan setan, setan mengatakan, ‘Karena kekuatan imanmu masbro, maka aku merasa terkunci,'” ujar Abdul Somad.

Leave a reply "Apakah Setan Benar-benar Terbelenggu di Bulan Ramadhan? Ini Kata Utsadz Abdul Somad"

Author: 
author