Apakah saat Imsak Masih Boleh Makan Sahur? Ustadz Abdul Somad Jelaskan Begini

Ustadz Abdul Somad menjelaskan hukum makan ketika tiba waktu imsak.

Saat berpuasa seseorang perlu melakukan makan sahur. Makan sahur bukan saja bernilai ibadah namun juga berguna untuk menjaga energi dan kesehatan tubuh seseorang ketika berpuasa.

Namun, karena waktu sahur biasa dihabiskan seseorang dengan tidur malam maka membangun kebiasaan bangun makan sahur tidaklah mudah.

Setelah seseorang lelah dengan aktivitas menguras tenaga seharian, dilanjurkan ibadah hingga malam, biasanya seseorang akan tidur sangat pulas di jam-jam sahur.

Tak ayal akhirnya muncul tradisi membangunkan orang sahur. Namun, ketika seseorang begitu lelap ia tidak mendengar ada orang membangunkan sahur.

Bahkan mungkin bunyi alarm atau panggilan telepon juga tidak mampu mengusiknya.

Akibatnya ia bangun kesiangan dan terburu-buru makan sahur dan tak jarang di tengah makan sahur waktu imsak tiba.

Lalu bagaimana menyikapi makan sahur ketika sudah tiba waktu imsak? Apakah masih boleh melanjutkan makan atau justru bisa membatalkan puasa?

Dikutip PortalJember.com dari YouTube Lentera Iman Official, Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa peringatan imsak hanyalah ada di Indonesia dan tidak ada di negara lain.

Misalnya di Maroko tidak ada peringatan akan datangnya imsak, sehingga bisa jadi orang asik makan sahur lalu tiba-tiba sudah terdengar adzan subuh.

Ia menjelaskan bahwa waktu imsak dijelaskan dalam mahzab syafi’i.

“Dalam mahzab syafi’i ada yang namanya imsak, tapi imsak bukan lampu merah. 10 menit menjelang adzan (subuh),” kata Ustadz Abdul Somad dikutip PortalJember.com dari YouTube Lentera Iman Official yang diunggah pada 26 April 2020.

Dengan demikian waktu imsak lebih awal dari waktu adzan subuh dengan selang waktu sekira 10 menit.

Imsak bukanlah penanda tidak boleh lagi makan sahur, namun pengingat bahwa waktu adzan subuh sudah dekat.

“Jadi kalau imsak, gosok gigi, mulut bersih, baca quran 50 ayat, maka nanti waktu adzan mulut sudah bersih. Itu makna imsak,” jelas Ustadz Abdul Somad.

Ia juga menerangkan jika ada seseorang yang hendak bangun sahur namun bertepatan mendengar peringatan imsak maka sebaiknya bersegera makan sahur sebelum adzan subuh.***

 

Leave a reply "Apakah saat Imsak Masih Boleh Makan Sahur? Ustadz Abdul Somad Jelaskan Begini"

Author: 
author