Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

20 views

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas – Kali ini saya ingin berbagi cerita tentang suami saya dan pengalaman membuat mahar untuk pernikahan kami.

Kalau kita cek di internet atau langsung di tempat seperti Pasar Mester Jatinegara, Jakarta Timur rata-rata produksi sekitar Rp. 100-500 ribu dan lebih. Ini hanya biaya untuk layanan bingkai, bukan biaya uang yang digunakan atau properti yang digunakan untuk mahar. Jadi, sambil mempersiapkan pernikahan, saya dan suami mencoba berkreasi untuk mencari uang mahar sendiri.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Pertama, kami mencari bingkai mahar. kami memilih menggunakan bingkai sebagai kotak, yang biasanya digunakan untuk kado. Saat itu (Agustus-2014) harganya hanya Rp. 100.000,- dan mungkin masih bisa dinegosiasi ulang, hehe.

Box Seserahan, Ring Box, Mahar, Jasa, Lainnya Di Carousell

Bagus! bingkai diperoleh, saatnya mengeluarkan uang lama untuk mengisi mahar. Karena tahun pernikahan kami 2014, kami membutuhkan uang pecahan Rp 14,-. Masih di sekitar Jatinegara ada sebuah tempat bernama Jembatan Hitam. Ada banyak yang menjual barang bekas, termasuk uang lama. Kami memiliki koin Rp 10 dan 4 uang kertas Rp 1 – masih dalam kondisi baik dan seperti baru. Harga per koin bervariasi mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 25.000. Untuk uang lama sendiri total biaya yang dikeluarkan Rp 100.000. Uang pecahan kecil sudah didapat, saatnya pulang dan membingkai mahar.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Oh ya, sebelum kamu membuat mahar sendiri, pikirkan konsep atau tampilan mahar yang kamu inginkan. Kita bisa mencari di internet contoh bentuk dan polanya. Suami saya dan saya memilih bentuk kipas. Saya suka bentuk ini karena terlihat anggun. Selanjutnya, mereka menyiapkan sejumlah uang yang akan ditambahkan pada tanggal pernikahan atau lebih. Saran saya untuk bentuk kipasnya jangan terlalu banyak menggunakan denominasi, cukup untuk rangka saja.

Bingkai dan uang sudah disiapkan. Disini untuk menambah kemanisan kita bisa menambahkan band atau kacamata lain sesuai selera. Saya juga menyiapkan keterangan untuk bingkai. Saya menulis dengan aplikasi MS. Power Point, karena ukuran fontnya besar. Cetak hanya berwarna dengan kertas HVS. Untuk perekatnya, saya memilih menggunakan double tape agar uangnya tetap utuh :D. Namun, kekuatan ikatan rangkap ini agak kurang. Tergantung pilihan, kalau mau lebih kuat bisa pakai lem tembak.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Mahar Nikah Kipas Hits Moderen

Saatnya mengatur mahar. Saya sebelumnya telah mencoba memasang tagihan, tetapi tidak langsung di dasar bingkai. Rangka dasar biasanya terbuat dari triplek yang dilapisi kain. Agak sulit mengaturnya jika billet bagian kipas dipasang langsung satu per satu ke dasar bingkai. Tapi itu tergantung trik masing-masing.

Oia, sebelum hari H (penyerahan mahar) coba test kekuatan maharnya. Pindahkan mas kawin secara perlahan, ini untuk mengetes apakah lemnya kuat. Jika ada bagian mahar yang rontok, bisa ditambahkan lem lagi.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Ini adalah cerita kecil tentang pengalaman saya menghasilkan uang mahar, kreasi saya, ala saya dan suami. Semoga bermanfaat 🙂 Bagi yang ingin menikah hendaknya memikirkan baik-baik mahar apa yang baik untuk calon istri. Standarnya adalah seperangkat alat sholat, logam mulia dan uang. Nah untuk yang terakhir ini terlihat kurang menarik jika uangnya tidak begitu dihias. Tidak baik hanya memberikan uang sebagai mahar dalam bentuk lembaran.

Mahar Uang Archives

Banyak penjual mahar online untuk mahar hias, bentuknya bermacam-macam, mulai dari boneka, masjid, rumah gadang, boneka. Harganya sangat bervariasi, dari 300 ribu hingga hampir sejuta, tergantung bentuk yang kita inginkan. Tapi itu harga dekorasi dan bingkainya saja ya, belum termasuk uang. Jadi, misalnya harga jasa + mahar persegi untuk sebuah masjid adalah Rp. 400.000,00 dan kita ingin memberikan harta berupa uang misalnya Rp. 311.313,00, jadi total biaya pengerjaannya adalah Rp. 713.313,00.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Ngomong-ngomong, sebenarnya melakukan mahar seperti itu tidaklah sulit. Bagaimanapun, saya mencobanya sendiri. Berawal dari rasa penasaran setelah melihat jualan mahar online di internet, akhirnya saya memutuskan untuk membuat dekorasi mahar tunai sendiri untuk pernikahan saya sendiri. Saya juga takut hasilnya tidak bagus atau bahkan tidak sama sekali. Tapi Alhamdulillah selesai walaupun mungkin tidak sebagus mahar yang dirangkai oleh para profesional dibidang dekorasi mahar #halah. Dengan mahar yang dihasilkan dari dekorasi itu sendiri, saya merasa lebih puas, saya benar-benar merasakan perjuangan melepas bahan, menghiasnya masing-masing, sampai-sampai saya deg-degan kalau-kalau rusak atau dilepas saat ingin diberikan. di atas Istri juga suka melihatnya #ihiirr.

Alhamdulillah kemarin saya menikah, akadnya tanggal 29 Maret 2013. Kalau disingkat jadi tanggal 290313 dan kalau dikonversi ke rupiah jadi Rp 290.313,00. Sebelumnya saya tidak berpikir ingin memberikan mahar dalam bentuk tunai karena sudah ada yang lain, tetapi ketika saya hanya melihat-lihat dengan santai, ternyata bagus untuk memberikan mahar yang terbuat dari dekorasi uang tunai. Maka lahirlah rencana untuk membeli mahar hiasan ini di internet, penjualnya banyak dan harganya juga bervariasi. Saya juga sudah menghubungi beberapa penjual mahar, katanya butuh waktu sekitar 1-2 minggu untuk pembuatan dan pengiriman. Karena saya sudah lama melihat bentuk hiasan mahar ini, tiba-tiba saya bertanya-tanya apakah membuat hiasan seperti ini sulit? lebih kaget lagi dengan karya suamiku #ciee.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Cara Menyusun Mahar Uang Kertas

Setelah mempertimbangkan ini dan itu, akhirnya memberanikan diri untuk membatalkan pesanan mahar dari seorang penjual di Jogja #maaf. Kebetulan waktu itu saya juga punya waktu luang dari training di Jakarta sebelum kembali ke Bengkulu, jadi bisa saya manfaatkan untuk mulai berburu barang-barang yang dibutuhkan untuk membuatnya. Saat itu saya sedang berpikir untuk membuat mahar hiasan berbentuk rumah gadang, dan setelah dipikir-pikir, saya berpikir bahwa saya membutuhkan makanan ringan berikut ini:

Terserah Anda berapa pecahan, berapa banyak yang kita butuhkan untuk model yang akan kita buat. Waktu itu saya membuat rumah gadang dengan modal Rp. 290.313,00, jadi saya memutuskan untuk melakukannya dalam berbagai pecahan Rp. 20.000,00 dan lain-lain dengan rincian seperti ini: 14 lembar uang kertas Rp. 20.000,00 + 2 lembar uang Rp. 5.000,00 + .00 koin Rp 200,00 + 1 koin Rp 100,00 + 2 koin Rp 5,00 + 3 lembar uang Rp 1,00 = Rp 290.313,00.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Lalu bagaimana cara mendapatkan rekening yang masih bagus Tidak sulit untuk mendapatkan rekening baru, dari hasil bertanya kepada teman yang bekerja di bank tersebut, kita bisa menukarkan uang kita sesuai dengan kebutuhan pecahan yang diinginkan, misalnya pecahan Rp. 100.000,00 menjadi pecahan Rp 1.000,00. Alhamdulillah waktu itu saya beruntung sekali, saat bingung mau tukar uang dimana dan berapa, tiba-tiba saya melihat ATM Rp 20.000,00 di sekitar Jalan Sabang setelah difoto untuk Visa. Sebelum saya mengambil uang disini, saya harus bertanya kepada orang yang menarik uang sebelumnya, dan ternyata uang pecahannya masih segar dan wangi, tarik saja uangnya seperlunya dan simpan dengan hati-hati untuk itu. jangan campur. Oh ya kalau tidak salah bisa tukar uang di Bank Indonesia kan, seperti kita menukar uang pecahan kecil untuk lebaran.

Mahar Yang Baik Dalam Pandangan Islam, Calon Pengantin Wajib Tahu

Lalu bagaimana cara mendapatkan pecahan Rp 5.00 dan Rp 1.00? Untuk ini susah sih sebenarnya kalau mau beli online banyak tapi ya harganya kadang lumayan tinggi. Kalau mau yang lebih murah, saran saya coba cari di pasar tradisional, cari tempat yang jual barang bekas, biasanya banyak yang jual uang yang sudah tidak beredar. Saya juga menyempatkan diri untuk mencari kesana-kemari kemarin, saya juga bertanya kepada tukang parkir, dia punya tapi sudah laku, lalu dia menyarankan saya untuk mencari penjual loak di pasar, saya mengambilnya. Untuk setiap Rp 1,00 dikenakan biaya Rp 15.000,00, sedangkan untuk setiap Rp 5,00 Anda tetap dikenakan biaya Rp 3.000. Ya, bagi yang berdomisili di Jogja, Anda bisa menemukannya di Mirota Batik (Malioboro). Di Jakarta, Passer Baru sepertinya yang paling terkenal.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Untuk latar belakang saya menggunakan kertas glossy dan bertekstur pink tua. Ternyata bisa juga dengan bahan karton, kain atau sejenisnya, asal bisa direkatkan dengan lem atau double tape.

Seperti halnya kerajinan lainnya, kita juga membutuhkan gunting, cutter, lem kertas, lem castol, penggaris, pensil, pulpen, selotip dua sisi, selotip, dll.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Jual Mahar Uang Pernikahan

Tergantung desain yang kita inginkan, kemarin saya menggunakan bahan seperti kain perca, hiasan manik-manik, hiasan lembaran kertas dan tinta emboss (untuk membuat tulisan dan hiasan border). Kain perca dan manik-manik bisa Anda temukan di toko-toko yang menjual bahan jahit, saya juga menemukan beberapa manik-manik di Toko Buku Gunung Agung kemarin. Tinta timbul mungkin agak sulit ditemukan, tetapi Anda dapat mencoba menemukannya di toko buku, kemungkinan besar ada.

Sangat mudah untuk menemukannya, Anda bisa membeli bingkai langsung dari studio foto (biasanya terbuat dari plastik), atau jika mau, Anda juga bisa memesan bingkai kayu dari produsen bingkai. Ternyata kusen kayu lebih mahal dan tentunya lebih berat.

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Jika semua bahan sudah tersedia, sekarang tinggal mulai membuatnya saja. Pertama-tama, jelas kita perlu mencari ide dan menentukan bentuknya, cari saja di Internet, ada banyak contoh dekorasi mahar. Potong kertas dasar sesuai ukuran yang ingin kita potong nantinya, membeli bingkai terlebih dahulu memudahkan kita untuk memperkirakan seberapa besar dekorasi kita nantinya. Misalnya kita ingin membuat bentuk rumah gadang tinggal download gambar dari internet lalu print gambar rumah gadang di kertas A4 untuk dijadikan template. Potong sesuai bentuk model rumah gadang, lalu tempelkan pada kertas alas tempat kita menambahkan lipatan uang.

Rekomendasi Mahar Pernikahan Yang Unik & Tidak Mahal

Ambil uang pecahan Rp 20.000,00 dan lipat mengikuti bentuk atap rumah gadang, agak ribet dalam proses pelipatan ini. Lipatan dapat diperkuat dengan selotip sehingga tidak diperlukan

Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas

Tutorial melipat jilbab instan, tutorial melipat dasi, teknik melipat uang mahar, tutorial melipat uang mahar, melipat uang mahar, hiasan mahar uang kertas, melipat uang untuk mahar, tutorial melipat kulit pangsit, cara melipat uang mahar, tutorial mahar mukena, seni melipat uang mahar, tutorial melipat kerudung segi empat

Leave a reply "Tutorial Melipat Mahar Uang Kertas"

Author: 
author